Sekadau (Antara Kalbar) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau melalui Seksi Bimas Islam, melaksanakan pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten Tahun 2015.
    Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Muslimun,S Ag mengatakan, Pemilihan Keluarga Sakinah Kabupaten Sekadau bertujuan untuk memilih calon yang akan diikutsertakan sebagai Keluarga Sakinah tingkat Provinsi nantinya.
    Adapun Keluarga Sakinah Teladan yang mewakili Kabupaten Sekadau untuk tingkat Provinsi adalah H. Ramli,S.Pd.I dan Hj. Jama’ni S.Pd.I dari Kecamatan Sekadau Hilir.
    Ia melanjutkan, dengan ditunjuknya calon Keluarga Sakinah Teladan untuk Kabupaten Sekadau ini, didasarkan juga pada usia perkawinan yang sudah mencapai 30 tahun lebih. "Untuk mencapai usia perkawinan tersebut bukanlah mudah,”ujarnya.
    Menurut Muslimun, apabila melihat usia perkawinan tersebut sungguh luar biasa dari awal perkawinan sampai bisa sekarang sudah mencapai 31 tahun.
    Selain untuk mendapatkan pasangan keluarga sakinah teladan juga diharapkan agar generasi-generasi muda bisa mencontoh kiat-kiat apa saja yang bisa diterapkan didalam mengarungi bahtera rumah tangga antara suami dan istri.
    Setelah ditunjuknya calon keluarga sakinah teladan agar menjadi contoh teladan bagi keluarga dan tetangga serta lingkungan tempat tinggal sekitarnya, terutama dalam hal berumah tangga, ibadah dan bermasyarakat.
    Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Drs M Taufik berharap dengan diadakannya pemilihan Keluarga Sakinah Teladan ini, dapat dijadikan contoh oleh masyarakat, baik dari segi ibadah dan muamallah yaitu kegiatan bermasyarakat.
    Dari segi ibadah artinya wajib untuk sholat berjamaah di masjid, membaca Al-quran dan kepedulian terhadap masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat,
    Selain itu pemilihan ini dapat mendorong umat Islam lainnya untuk termotivasi secara internsif dan ekstrensif. Motivasi secara internsif yaitu motivasi dari dalam dirinya untuk meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT.  Sedangkan motivasi Ekstrensif yaitu motivasi dari luar, mudah-mudahan keluarga Sakinah Teladan dapat memberikan dan dijadikan contoh dalam segala hal, oleh masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
    Indikator pemilihan diantaranya beriman dan bertaqwa, sukses membina rumah tangga selama 30 tahun dan anak-anaknya sukses dalam pendidikan, "Baik pendidikan agama maupun pendidikan umum dan sukses dalam bidang usaha,”paparnya.
    Apabila masing-masing keluarga telah menjadi sakinah, maka diharapkan dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar serta meningkatkan Kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Sekadau dan dapat menciptakan Kerukunan Internal Umat Beragama.

Pewarta: Humas Kemenag Sekadau

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015