Singkawang (Antara Kalbar) - Tim Penggerak PKK Kota Singkawang bekerjasama dengan Kantor Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (P3KP) menyelenggarakan lomba Cipta Menu  Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman.

Lomba tersebut diikuti oleh Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan se-Kota Singkawang, bertempat di Sekretariat Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, Sabtu (9/5).

Kepala Kantor P3KP Kota Singkawang Sri Wahyuni mengatakan kegiatan lomba memasak B2SA diselenggarakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan Nasional secara rutin setiap tahun.

"Ini juga sebagai salah satu bentuk sosialisasi konsumsi pangan B2SA yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat kabupaten, provinsi, sampai tingkat nasional. Pada pelaksanaan lomba, pangan sumber karbohidrat yang digunakan adalah bahan pangan selain beras dan terigu. Disamping itu, perlu penekanan pada aspek keanekaragaman bahan pangan serta menu dapat diterapkan dalam keluarga secara berhari-hari," kata Yuni.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Singkawang Ny Budi Sumardi mengatakan lomba diikuti oleh 9 (sembilan) peserta yang merupakan utusan dari lima kecamatan se Kota Singkawang.

"Setiap peserta menampilkan menu untuk satu hari, yaitu makan pagi, siang dan malam untuk satu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak. Namun peserta wajib menyerahkan menu dan resep untuk tiga hari. Dengan lomba ini, diharapkan dapat memotivasi kreativitas masyarakat dalam mengolah aneka ragam pangan lokal, dan diharapkan juga melatih untuk membiasakan mengonsumsi makanan pokok tidak hanya pada beras saja," kata Budi.

Ketua Dewan Juri, Istri Handayani menyampaikan bahwa dari hasil penilaian dewan yuri yang terdiri dari unsur IKABOGA, Ahli Gizi dan utusan dari Tim Penggerak PKK Kota Singkawang, maka juara I utusan dari Kecamatan Singkawang Barat, ke II Kecamatan Singkawang Tengah, ke III Kecamatan Singkawang Selatan, Harapan I Kecamatan Singkawang Timur dan Harapan II Kecamatan Singkawang Utara.

Istri mengatakan para peserta sudah berupaya menampilkan yang terbaik. Melalui perlombaan ini diharapkan dapat dijadikan media pembelajaran khususnya bagi peserta sekaligus dijadikan motivasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan berkualitas.

"Singkawang memiliki potensi pangan yang sangat beraneka ragam, jika ditunjang dengan keterampilan masyarakatnya maka akan memberikan dampak positif dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, sejahtera dan berkualitas. Dengan diversifikasi pangan yang baik, akan berakibat pada naiknya nilai ekonomi pangan lokal dan secara tidak langsung akan memberikan dampak peningkatan kesejahteraan para petaninya," kata Istri yang juga ketua IKABOGA Kota Singkawang.

Pewarta: MC Singkawang

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015