Pontianak (Antara Kalbar) - PT Telkom Indonesia wilayah Kalimantan Barat memberikan pelatihan tentang pengelolaan keuangan dan sistem pemasaran Online kepada 40 orang UMKM binaan mereka.

"Pelatihan ini kita laksanakan selama satu hari, dimana ada 40 orang peserta yang notabene adalah pelaku usaha binaan kita," kata Asisten Manajer CDC PT Telkom Kalbar, bidang CSR, Margono di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya mendatangkan pemateri dari kota Solo dan Jakarta dengan harapan bisa memberikan masukan positif bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan usaha mereka.

"Dengan adanya pelatihan ini, kita harapkan pelaku usaha binaan kita bisa semakin mengembangkan usaha mereka dan harapan kita mereka bisa lancar membayar cicilan pinjaman setiap bulannya," tuturnya.

Margono menjelaskan, materi wirausaha tentang manajemen pengelolaan keuangan dirasakan sangat penting diberikan kepada para pelaku usaha karena selama ini masih banyak UMKM yang lemah di bidang pembukuan keuangan.

Hal itu jelas mengakibatkan sulitnya memantau pengembangan usaha baik dari diri pelaku usaha itu sendiri maupun pihak penyertaan modal seperti Telkom dan Perbankan maupun pihak lainnya.

"Sedangkan materi tentang sistem penjualan Online, kita berikan kepada para pelaku usaha agar mereka bisa terus mengembangkan sistem pemasaran mereka, tidak hanya dengan penjualan langsung, tetapi juga melalui dunia maya. Karena seperti yang kita ketahui, kalau berjualan di dunia maya, maka pangsa pasarnya jadi sangat luas dan tidak terbatas di kota Pontianak saja," katanya.

Dia menambahkan, program tersebut dilakukan oleh pihaknya untuk menyukseskan program pemerintah dalam menumbuhkembangkan wirausaha yang ada di Indonesia.

"Apabila hal ini dikembangkan akan terjadi pengurangan kemiskinan dan akan menciptakan banyak lapangan kerja. Dalam kesempatan baik ini, semua yang akan menjadi mitra binaan harus mempunyai komitmen untuk maju bersama," tuturnya. 

(KR-RDO/B012)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015