Sambas (Antara Kalbar) - Ribuan warga di Kabupaten Sambas mengikuti pawai taaruf menyambut bulan Ramadhan yang dipusatkan di Kecamatan Pemangkat, Rabu (10/6).
    
Dengan membawa poster, spanduk ajakan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT, peserta pawai berkeliling kota Pemangkat. Peserta pawai berasal dari lima kecamatan (Pemangkat, Selakau, Semparuk, Salatiga dan Selakau Timur) atau wilayah zona III.
    
Bupati Sambas Hj Juliarti Djuhardi Alwi didampingi Asisten III Setda Sambas H Hasanusi, Staf ahli Rustina, Kadis Kumindag H U Tajuddin, dan lima camat melepas rombongan pawai.
    
Bupati berpesan agar umat Islam gembira menyambut Ramadhan sebagai bulan penuh rahmat, berkah dan ampunan. "Mari kita sukseskan puasa kita dengan sungguh sungguh menjalankan ibadah puasa," ajaknya.
    
Selain itu, Bupati juga berpesan agar seluruh rumah makan, warung kopi untuk tetap buka seperti biasa di bulan Ramadhan. "Silakan berusaha, jangan diberi tabir atau tirai kalau rumah makan atau warung kopi," katanya.
    
Jika memang ada orang Islam yang singgah untuk makan dan minuman ditempat-tempat tersebut tidak ada larangan. "Tapi bagi mereka yang mengerti. Kita yang Islam tentu haruslah menghormati orang yang sedang berpuasa," katanya.
    
Biarlah, kata Bupati, sanksi moral yang berlaku kepada mereka orang Islam yang tidak berpuasa dan apalagi tak menghormati orang berpuasa. "Allah SWT lebih tahu, apalagi di bulan suci Ramadan kita berpacu meningkatkan ibadah untuk mencapai derajat Taqwa," ujarnya.
    
Untuk itu, Bupati mengajak umat Islam di Kabupaten Sambas agar meningkatkan Taqwa kepada Allah SWT. "Jaga hati, jaga pikiran, jaga tindakan dan perkataan kita selama berpuasa," himbaunya.
    
Di zona III pawai taruf menyambut bulan suci Ramadan ini, para peserta pawai dibanding doorprize dengan hadiah utamanya dua tiket umroh ke tanah suci Mekkah.

Pewarta: Nova

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015