Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Bidang Pencatatan Sipil Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya, Lilik Prasetya mengatakan pada tahun ini terjadi peningkatan antusiasme warga untuk mengurus berbagai administrasi kependudukan.

"Kalau persentase peningkatan saya belum bisa memberikan secara detail karena hingga sekarang kami juga masih melakukan pendataan. Tetapi yang pasti jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya hingga pertengahan 2015 antusiasme warga untuk membuat kartu kependudukan dan sejenisnya mengalami peningkatan," kata Lilik Prasetya, di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, jika dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya antusiasme warga Kubu Raya hingga pertengahan tahun 2015 untuk melakukan pendataan catatan sipil seperti pembuatan akta kelahiran, kartu tanda penduduk dan pelayanan surat pindah data mengalami peningkatan yang cukup memuaskan.

Untuk membantu masyarakat terutama yang tinggal jauh dari pusat ibu kota kabupaten, beberapa waktu lalu Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya juga melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi setiap kecamatan untuk melakukan pelayanan pendataan bagi masyarakat.

"Alhamdulillah, meski dilakukan dalam waktu yang cukup singkat namun minat warga untuk mengikuti layanan pendataan pendudukan juga cukup baik," tuturnya.

Untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan tersebut, pihaknya akan melibatkan merangkul camat dan pihak terkait lainnya dalam mendorong peningkatan kesadaran warga untuk membuat kartu tanda penduduk dan sejumlah pendataan lainnya yang diperlukan sesuai dengan aturan dan ketentuan pemerintah.

Lilik menilai pendataan kependudukan sangat diperlukan karena akan memudahkan pemerintah daerah setempat untuk mengetahui secara rinci jumlah penduduknya, termasuk mengetahui berapa besar persentase penduduk pendatang yang berdomisili dan akan meninggalkan Kubu Raya.

Untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan bagi warga, sejak 19 Juni hingga 11 Juli, Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya juga membuka stan pelayanan di area pasar rakyat atau pasar juadah di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

"Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki KTP, atau mengurus akta kelahiran dan surat pindah data bisa langsung ke stan Disdukcapil di area pasar rakyat atau pasar juadah di halaman Kantor Bupati Kubu Raya mulai pukul 14.00 hingga jelang Magrib," katanya.

Ditanya soal target pendataan yang akan dilakukan, Lilik mengatakan di area stan pasar rakyat tersebut pihaknya menargetkan minimal bisa melayani sekitar 500 keluarga yang turut melakukan pelayanan pendataan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil.

"Meski sudah membuka stan pelayanan di pasar rakyat ini, sepanjang Ramadhan pelayanan serupa juga tetap kami lakukan di kantor pendudukan dan catatan sipil Kubu Raya selama jam kerja seperti hari-hari biasanya," kata Lilik.

Di tempat terpisah, Ketua Komisi II DPRD Kubu Raya, Jauhari Ja`far juga mengimbau warga Kubu Raya untuk proaktif dalam mengajukan atau membuat kartu kependudukan seperti KTP, akta kelahiran dan surat pindah data untuk mempermudah setiap warga dalam mengurus berbagai keperluan administrasi di Kubu Raya.

"Pentingnya mengurus surat kependudukan dan sejenisnya ini karena juga berkaitan dengan legalitas formal yang semestinya harus dimiliki masyarakat, katanya.

Ia menambahkan, dengan begitu akan mempermudah segala urusan warga bersangkutan juga untuk keperluannya seperti untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah yang lazimnya memerlukan surat kependudukan dan sejumlah syarat-syarat lainnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini sangat mendukung upaya Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya dalam mempermudah layanan kependudukan bagi masyarakat.

"Kalau bisa pelayanan jemput bolanya bisa rutin dilakukan dengan begitu akan semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan kependudukan," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015