Singkawang (Antara Kalbar) - Prajurit Yonif 641/Raider bersama Prajurit Brigif 19/Kh, Kodim 1202/Skw dan Anggota Manggala Agni melatih sejumlah 100 orang Pramuka dari Gugus Depan Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kota Singkawang.

Latihan diadakan dalam kegiatan Perkemahan Pramuka di Taman Hutan Raya (TAHURA) Sakong, Kelurahan Sagatani, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan Pemkot Singkawang beberapa waktu lalu.

Kegiatan perkemahan mengambil tema "Melalui Bumi Perkemahan Kita Tingkatkan Peran Serta Masyarakat dalam Menjaga Kelestarian Hutan."

"Selama dua hari para peserta perkemahan melaksanakan kegiatan senam pagi, pelatihan bongkar pasang tenda, pelatihan baris-berbaris, lomba Morse, lomba pidato, lomba cerdas tangkas, lomba vocal solo dan melakukan penanaman pohon," kata Pasiintel Yonif 641 Lettu Inf Pariyono selaku Koordinator Pelatih.

Pariyono menambahkan, kegiatan perkemahan ini merupakan sarana yang tepat untuk menggembleng mental bertahan hidup di lingkungan alam yang memiliki banyak keterbatasan, selain itu kegiatan Pramuka turut membantu dalam membentuk generasi muda bangsa yang memiliki kepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan mampu menjadi pelopor terdepan bersama-sama dengan rakyat menjaga kelestarian lingkungan.

Pariyono mengharapkan kegiatan seperti ini hendaknya terus dilaksanakan serta menjadi contoh dan panutan bagi Instansi lainnya yang ada di Kota Singkawang, untuk meningkatkan jiwa kebangsaan dan semangat bela negara, serta menjaga kelestarian alam. (rilis/N005)

Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015