Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Bong Wui Khong mengatakan, jika panitia akan membuka pendaftaran bagi para tatung pada 25 Januari sampai dengan 1 Februari 2016.

    "Diimbau kepada peserta tatung, segeralah mendaftarkan diri untuk mengisi formulir pendaftaran di jam kerja dari pukul 08.00 sampai 16.00 wib," katanya di Singkawang, Jumat.

     Usai mengisi formulir, katanya, dilanjutkan dengan pengembalian formulir. Setelah itu, pihaknya akan memberikan buku sumbangan Paramita.

    Dia menyebutkan, syarat-syarat untuk melakukan pendaftaran tatung, antara lain, fotokopi KTP, pas photo ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar, foto atraksi tatung diatas tandu waktu pawai tahun lalu, nama yang mengisi formulir merupakan tatung yang akan tampil (jangan lewat perantara), dan surat tanda daftar dari Kementerian Agama Singkawang.

    "Untuk syarat teknis, akan kita sampaikan sewaktu pendaftaran," katanya.

    Dia mengingatkan, bagi peserta yang sudah terdaftar pada pawai tatung nanti, dilarang untuk menampilkan simbol-simbol agama lain. Begitu juga dengan tatung yang akan menampilkan sadisme tidak diperbolehkan.

    "Kalaupun mau menampilkan yang sadisme, silahkan tampilkan di tempat ibadah. Tapi, jika pawai sudah berjalan, peserta tidak boleh lagi mengkonsumsi hewan di depan umum," pesannya.

    Dalam hal ini juga, termasuk dengan penampilan tatung yang melibatkan anak-anak kecil. "Suruh belajar dulu. Jangan disuruh jadi tatung," katanya.

    Terkait dengan larangan ini, dia meminta kerjasama dari para peserta untuk mengikuti aturan yang sudah dibuat panitia.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016