Sungai Raya (Antara Kalbar) - Ketua KPU Kota Singkawang, Ramdan mengatakan, saat ini sudah ada beberapa partai politik membuka pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota, meski pelaksanaan pemilihan kepala daerah setempat pada 2017.

"Saat ini memang sudah ada beberapa partai yang melakukan penjaringan bakal calon wali kota dan wakil walikota untuk pelaksanaan pilkada tahun depan," kata Ramdan di Singkawang, Jumat.

Menurutnya upaya penjaringan tersebut merupakan kewenangan setiap partai, sehingga KPU tidak melakukan pelarangan terhadap hal tersebut.

Dia mengakui, jika sampai sekarang ini belum memasuki tahapan di KPU. Sehingga pendaftaran/penjaringan di tingkat partai merupakan kewenangan mereka.

"Jadi, syah-syah saja jika memang mau melakukan proses-proses penjaringan," ujarnya.

Namun yang terpenting, katanya, dalam proses penjaringan itu dilakukan dengan transparan dan demokratis. "Saya tekankan sekali lagi, jika proses penjaringan itu merupakan ranahnya partai," jelasnya.

Sementara itu, beberapa partai seperti PDIP, Demokrat, dan Nasdem telah membuka pendaftaran bakal calon wali kota-wakil wali kota Singkawang 2017.

Sejumlah nama bermunculan untuk melakukan pendaftaran. Antara lain, Tjhai Cui Mie, Abdul Muthalib, Muhammadin, Anton Triady, Eddy Darlius, Moses Ahie, Mohammad Alqadrie, Ruslan Karim, Suriyadi, M Saleh, dan Andreas Chang.

Sedangkan pasangan An-Nur, Andi Syarif - Nurmansyah, telah mendeklarasikan diri akan maju di Pilwako melalui Independen. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016