Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 22 provinsi yang ada di Indonesia mengikuti kegiatan Nusantara Expo 2016 yang digelar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

    "Pameran yang memadukan bidang investasi, perdagangan, industri dan pariwisata yang digelar di Pontianak Convention Center ini diikuti 22 provinsi," kata Endang, Direktur Prima Cipta Mandiri selaku penyelenggara kegiatan tersebut di Pontianak, Sabtu.

    Dipilihnya Kota Pontianak sebagai tempat penyelenggaraan dikarenakan kota ini adalah salah satu kota dagang di pulau Kalimantan dan letaknya yang berdekatan dengan negara Malaysia dan Brunei Darussalam.

    Dia menjelaskan, PT Prima Cipta Mandiri sendiri didukung oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk menggelar Nusantara Expo 2016 di Pontianak.

    "Kegiatan itu dilaksanakan sebagai wadah promosi dan pemasaran bagi produk berkualitas dari UMKM. Produk hasil UMKM dari berbagai provinsi dengan menampilkan keanekaragaman bentuk, jenis yang menunjukkan kekayaan budaya bangsa," ucapnya.

    Endang menambahkan, kondisi geografis kota Pontianak yang dekat dengan Malaysia dan Brunei Darussalam menjadi nilai positif bagi pengembangan usaha dan produk UMKM di Kalbar.

    Kedua negara tersebut selama ini dikenal sebagai salah satu negara yang berminat dengan produk produk Indonesia, seperti furnicer, bordir konveksi, perlengkapan rumah tangga, jamu, interior keramik dan yang lainnya.

    Selanjutnya dijelaskan Endang, Kota Pontianak mendukung kegiatan itu dengan promosi yang sangat besar dan terarah serta penyediaan tempat kegiatan yang representative, dengan fasilitas yang memadai.

    Dirinya berharap, kegiatan Nusantara Expo 2016 dapat membantu meningkatkan peran pengusaha kecil menengah dan koperasi dalam mengelola kekayaan Indonesia.

    "Diharapkan kegiatan tersebut pada akhirnya mampu membangkitkan dan memperkuat ekonomi bangsa yang akan mengantarkan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik,"katanya.

    Expo yang digelar pada tahun ke 15 ini dibuka oleh Wakil Gubernur Kalbar, Cristiandy Sanjaya. Selain itu turut hadir juga Walikota Pontianak, Sutarmidji, Asisten Deputi Urusan Permodalan Kementerian Koperasi dan UMKM, Luhur Prajarto.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016