Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus melengkapi setiap desa dengan fasilitas pemadam kebakaran untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran di tengah masyarakat.

    "Kubu Raya saat ini memiliki pemadam kebakaran hingga di tingkat Desa yang mana mayoritas dikelola oleh kelompok atau yayasan pemadam kebakaran swasta," kata Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus, di Sungai Raya, Minggu.

     Dia menyatakan, dirinya merasa sangat terbantu dan bersyukur dengan kehadiran pemadam kebakaran swasta yang dikelola oleh yayasan-yayasan dan organisasi lain di Kubu Raya, dimana sampai saat ini bahkan sudah sampai di tingkat desa.

    "Ini akan sangat membantu pemerintah dalam penanganan kebakaran baik, lahan, kebun, hutan hingga pemukiman bila mana terjadi," katanya.

    Semangat dan pengabdian para personel pemadam kebakaran dalam melakukan pekerjaan sosial, terutama dalam hal memadamkan si jago merah, mendapat apresiasi tinggi dari Pemkab Kubu Raya.

    "Saya salut juga dan mengapresiasi tinggi semangat pengabdian mereka yang luar biasa, terlebih pemadam kebakaran swasta yang tidak menerima gaji atau upah dari pengabdiannya. Saya terima kasih kepada pemadam kebakaran," katanya.

    Selain itu, Hermanus juga memuji para relawan pemadam kebakaran, yang telah rela merogoh uang dari kantong pribadi mereka sendiri, hingga mencapai ratusan juta rupiah, untuk membeli, peremajaan dan moderenisasi armada pemadam yang mereka miliki.

    "Pemadam kebakaran ini luar biasa, bahkan ada juga pemadam kebakaran yang memiliki armada kapal untuk memadamkan api dari sungai," tuturnya.

    Kepada para relawan pemadam kebakaran, Hermanus berpesan agar melaksanakan tugas dengan baik sehingga masyarakat merasa terayomi, kepentingan mereka terpenuhi dan terakomodir.

    Ia menyakini, hal itu merupakan kebahagiaan bagi para relawan pemadam kebakaran karena telah membantu masyarakat dalam mengatasi musibah kebakaran yang terjadi.

    "Pesan saya petugas pemadam kebakaran, lakukan tugas dengan baik, bekerja bukan untuk mencari penghargaan tetapi pengabdian kepada masyarakat," tuturnya.

    Hermanus juga mengharapkan dengan kehadiran unit pemadam kebakaran Kumpai Besar dapat dengan cepat menangani dan mengatasi pemadaman di wilayah Kumpai, Kapur, Madusari, Ambangah dan desa-desa disekitarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016