Sungai Raya  (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Berli Hamdani mengatakan pihaknya memfokuskan upaya antisipasi penyakit kusta di empat kecamatan yang ada di kabupaten itu.

"Sejauh ini penderita penyakit kusta terbanyak di kecamatan Rasau Jaya, untuk itu memfokuskan pelatihan perilaku hidup sehat dalam pencegahan kusta kepada masyarakat, selain tiga kecamatan lainnya yang ada di Kubu Raya," kata Berli di Sungai Raya, Selasa.

Dia mengatakan, selain Kecamatan Rasau Jaya, Dinas Kesehatan bersama PT. Pertamina Persero melakukan pelatihan serupa di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan Sungai Ambawang.

Kendati menilai cukup banyak ditemukan kusta di Kecamatan Rasau Jaya, namun kata Berli jumlah kasusnya setiap tahun cenderung menurun.

"Selain dengan terus memberikan edukasi kemasyarakat melalui tenaga kesehatan yang adam saya berharap dengan adanya pelatihan bagi kader masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi penyakit kusta ini juga menjadi salah satu wadah untuk menekan kasus kusta di Kubu Raya terutama di Kecamatan Rasau Jaya," tuturnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Rasau Jaya, Waluyo membenarkan jika sepanjang tahun 2012 hingga 2016 terdapat sekitar 12 kasus kusta yang telah ditangani pihaknya.

"Di tahun 2016 ini ada lagi 1 kasus, itupun bukan warga asli Rasau Jaya, namun warga luar yang kebetulan yang menetap sementara waktu di Rasau Jaya," katanya.

Terkait hal itu, secara berksinambungan pihaknya mengerahkan tenaga kesehatan yang dimiliki untuk terus memberikan penyuluhan langsung ke lapangan.

"Secara umum hingga saat ini tingkat kesadaran masyarakat untuk turut melakukan pencegahan penyakita kusta. Setidaknya sudah banyak warga yang secara sadar saat menemukan gejala kusta kemudian langsung menghubungi tenaga kesehatan terdekat sehingga bisa lebih cepat ditangani," kata Waluyo.

Mengingat cukup besarnya dampak positif dari pelatihan yang digelar, Waluyo berharap agar kegiatan serupa bisa kembali digelar pada tahun-tahun berikutnya.




(U.KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016