Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang Sumastro mengatakan, pihaknya bersama jajaran Satlantas dan Jasa Raharja akan mengecek kelaikan angkutan umum jelang Lebaran.

"Kita akan melaksanakan uji kelaikan itu di tiga titik khususnya di Kota Singkawang," kata Sumastro, Sabtu.

Sumastro menjelaskan, kegiatan itu meliputi pemeriksaan teknis layak jalan serta administrasi kendaraan.

Untuk itulah, katanya, kegiatan tersebut harus dilaksanakan secara teroganisir dan sistematis serta sungguh-sungguh serta memastikan seluruh item di angkutan umum dilakukan secara satu persatu tanpa menggunakan sistem sampling atau perwakilan saja.

Untuk pertama, paparnya, uji kelaikan digelar di Terminal Pasiran. Kemudian yang kedua akan dilaksanakan di Pasir Panjang dengan mengecek kendaraan yang datang dari arah Pontianak dan arah Sambas. Ketiga, akan dilaksanakan di Pekong Kulor untuk mengecek kendaraan yang datang dari arah Bengkayang.

"Petugas akan melakukan pemeriksaan lampu, kelengkapan surat-menyurat, kondisi kendaraan serta penyediaan peralatan tanggap darurat keselamatan. Mulai dari alat pemecah kaca, jalur darurat dan obat-obatan," tuturnya.

Sumastro berharap, tahun 2016 ini tidak ada musibah atau kecelakaan serta korban yang menimpa angkutan umum dan penumpangnya.

Disamping itu juga, tambah Sumastro, pada hari ini pihaknya menggelar apel siaga pengamanan angkutan lebaran di Terminal Pasiran.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan komitmen bersama dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk memastikan bahwa seluruh angkutan umum baik barang maupun penumpang dalam keadaan baik dan dapat memberikan jaminan aspek keselamatan kepada pengguna jasa angkutan umum," katanya.

Sumastro menyebutkan, bahwa tugas dan fungsi Dishubkominfo adalah memberikan pelayanan dan keselamatan.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016