Medan (Antara Kalbar) - PT Telkom berkomitmen mendukung kemajuan UMKM di Kota Medan terutama dalam hal penyediaan fasilitas internet sehingga pelaku usaha kecil tersebut nantinya mampu bersaing terutama di pasar global dalam memasarkan produknya.

Manajer Bisnis Servis PT Telkom Medan Pandapotan Nasution di Medan, Rabu, mengatakan, pemerintah telah mengintruksikan agar PT Telkom juga mampu mendorong kemajuan Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM) karena disadari bahwa usaha kecil tersebut ternyata snagat banyak menyerap tenaga kerja.

Untuk itu PT Telkom berupaya setidaknya mampu menjangkau tiga juga pelaku UMKM agar tersentuh Information and Communication Technology (ICT) yang dinilai memang selama ini menjadi salah satu kelemahan UMKM sebagai upaya mengembangkan usahanya.

Di Medan, PT Telkom bersama Dinas Kiperasi dan UMKM Kota Medan telag meresmikan kampung Digital UMKM di beberapa lokasi di kota itu, baik dilokasi yang bersentuhan langsung dengan UMKM seperti di UMKM Centre maupun di kampus-kampus dan tempat strategis lainnya.

Dengan adanya kampung UKM digital tersebut, para pelaku UMKM di Kota Medan dan sekitarnya dapat memanfaatkan akses internet dengan baik untuk menjalin komunikasi dengan pelaku-pelaku ekonomi lainnya di berbagai daerah bahkan negara.

"Artinya dengan memanfaatkan internet, pelaku UMKM dapat lebih luas menjangkau pasar," katanya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring, mengatakan, pihaknya mendorong pelaku UMKM agar menguasai penggunaan internet, karena dapat dipergunakan sebagai media untuk melakukan promosi terhadap produk yang dihasilkan.

Karena melalui internet, untuk memasarkan produk yang dihasilkan tidak lagi harus melalui cara-cara konvensional seperti yang diterapkan selama ini oleh pelaku UMKM, bahkan melalui internet pemasaran bisa lebih luas bahkan menjangkau segala lapisan.

Untuk itulah, lanjut dia, pihaknya menggandeng PT.Telkom untuk mendirikan Kampung Digital UMKM dalam upaya membantu pelaku UMKM memasarkan dan berpromosi melalui dunia maya.

Saat ini Dinas Koperasi dan UMKM sudah mendirikan tujuh buah Kampung Digital UMKM yakni di Jalan Mongonsidi, Universitas Sumatera Utara (USU), Galeri Robert, Kampus Harapan, Setia Budi, di Kantor Dinas Koperasi dan UMKM Medan Jalan Jalan Gatot Subroto dan yang terakhir di UMKM Centre di Jalan Jamin Ginting.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016