Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang menggelar lomba masak ikan dan udang antar-kelurahan, di Kantor Wali Kota setempat, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71.

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 16 kelurahan dari 26 kelurahan yang ada di Kota Singkawang," kata salah satu panitia, Titin Windarti, di Singkawang, Kamis.

Bagi peserta yang menggunakan bahan ikan, ujarnya, bebas mau dimasak apa. "Yang penting jangan dimasak asam pedas," tuturnya.

Dikatakan Titin, dalam lomba ini pihaknya mengutus tiga dewan juri untuk melakukan penilaian. Yang mana ketiganya merupakan ahli gizi, dan tim kesehatan Singkawang.

"Lomba ini kita mengambil juri khusus. Karena, kalau kita ambil dari SKPD, dikhawatirkan ada konflin dari peserta," katanya.

Titin mengungkapkan, bahwa lomba memasak ini merupakan ide dari Sekretaris Daerah Singkawang. "Semalam saya di telpon oleh Sekda, meminta pagi ini untuk digelar lomba memasak dengan bahan ikan dan udang," ungkapnya.

Sehingga, lomba yang digelar merupakan spontanitas dari Sekda, guna melihat bagaimana perangkat di SKPD mengambil gerak cepat.

"Ibaratnya, Sekda ingin melihat kerja nyata dari jajarannya. Maka digelarlah secara mendadak," pungkasnya.

Sementara itu, berdasarkan hasil keputusan dewan juri, yang menjadi juara pada lomba kriteria ikan, adalah Kelurahan Sungai Wie juara pertama, Kelurahan Sedau juara kedua, dan Kelurahan Sekip Lama juara ketiga.

Sedangkan pemenang pada kriteria udang, Kelurahan Pasiran juara 1, Kelurahan Melayu juara kedua, dan Kelurahan Jawa juara ketiga. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016