Pontianak (Antara Kalbar) - Masyarakat Kota Singkawang diminta untuk bisa membudayakan sikap ramah tamah dan santun kepada setiap tamu yang datang ke kota tersebut guna mendongkrak kunjungan wisata setempat.

"Sikap ramah tamah dan santun ini harus kita budayakan setiap masing-masing individu," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Singkawang, Suryanto, Jumat.

Jangan sampai Kota Singkawang yang sudah terkenal dengan sebutan kota wisata/jasa, katanya, tapi masyarakatnya mau senyum pun susah untuk dilakukan.

Usaha pariwisata apapun yang muncul di Kota Singkawang, menurutnya, Pemkot setempat tentu menyambut hal itu.

"Mengingat sarana kolam renang yang ada di Kota Singkawang sangat minim, kita di pemerintah tentu menyambut baik hal ini," tuturnya.

Sehingga, lanjutnya, dengan diresmikannya tempat rekreasi kolam renang di Kelurahan Roban ini, dapat memotivasi bagi putra daerah maupun investor untuk membangun usaha lain yang memang belum ada di Kota Singkawang.

"Silahkan bagi masyarakat Singkawang maupun investor yang ingin membuka usaha di Singkawang," katanya.

Karena, katanya, Pemkot Singkawang selalu siap mendorong bagi siapapun yang ingin membuka usaha pariwisata di kota ini.

Dorongan atau dukungan itu, jelas Suryanto, bisa saja dilakukan promosi lewat Website. "Akan kita promosikan ke masyarakat luas, bahwa di Singkawang telah ada ini dan itu," kata Suryanto.

Menurutnya, semakin banyak orang yang membuka usaha pariwisata di Singkawang, maka akan semakin baik. Sehingga, apa yang kita promosikan tidaklah hanya sekedar ngomong belaka.

Disamping itu, Suryanto juga mengingatkan kepada pengelola kolam renang, untuk selalu meningkatkan keamanan di sekitar kolam. "Jangan sampai, keamanannya kendor," katanya.



(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016