Sambas (Antara Kalbar) - Kepala bidang transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sambas, Suharyono mengatakan bahwa Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sambas telah mengajukan program transmigrasi nelayan.

"Program transmigrasi yang sudah diajukan dan menunggu hasil tersebut dialamatkan di Desa Sebubus Kecamatan Paloh," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Suharyono menjelaskan pihaknya akan kembali melakukan sosialisasi terkait transmigrasi nelayan yang akan ditempatkan di Sebubus tersebut. Menurutnya sosialisasi dilakukan untuk mengetahui seperti apa keinginan dari masyarakat.

"Masyarakat bawah khususnya masyarakat Sebubus dilibatkan dalam hal ini. Disetujui atau tidak kehadiran transmigrasi nelayan tersebut oleh masyarakat sekitar kita juga tentu akan mengikuti hal tersebut," katanya.

Ia menambahkan sebagaimana diajukan akan ada 100 kepala keluarga yang akan menempati lokasi transmigrasi nelayan di Sebubus tersebut.

"Pola transmigrasi untuk nelayan berbeda dengan pola transmigrasi umum. Transmigrasi nelayan ini nantinya akan disediakan tambak untuk dikelola oleh transmigran melalui budidaya sebagai lahan pencarian mereka. Program itu merupakan program kementerian yang diusulkan dari tingkat bawah," katanya.

Ia menambahkan jika telah mendapat persetujuan dari masyarakat setelah selesai sosialisasi, tahun 2017 program transmigran tersebut akan direalisasikan.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016