Singkawang (Antara Kalbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Singkawang melantik sebanyak 26 orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) di Aula Hotel Sentosa kota setempat, Kamis.

"Ada sebanyak 26 PPL yang kita lantik pada hari ini," kata Ketua Panwaslu Singkawang, Hj Zulita.

Dengan sudah dilantiknya PPL hari ini, Zulita mengucapkan selamat bertugas kepada PPL dalam rangka mengawasi jalannya pemilu sesuai dengan perundangan-undangan.

Setelah pelantikan, terangnya, acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis kepada PPL se-Kota Singkawang.

"Bimtek inikan penguatan kapasitas jajaran kita ke bawah. Sehingga, melalui Bimtek ini mereka (PPL) bisa memahami dan dapat melaksanakan tugas-tugas mereka untuk melakukan pengawasan secara baik dan benar," tuturnya.

Untuk itu, dia berharap PPL ini betul-betul menyimak materi yang akan disampaikan, sehingga mereka nantinya sudah siap untuk bertugas di lapangan.

Menurut Zulita, seorang petugas pengawas harus selalu siap dengan segala sesuatunya. "Karena, jika tidak siap orang yang mau diawasi justru lebih pintar dari petugas pengawas," katanya.

Apabila di lapangan nanti PPL menemukan salah satu pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang melakukan kampanye diluar jadwal yang sudah ditentukan, maka petugas PPL bisa melakukan koordinasi dengan Panwaslu.

"Sedangkan untuk tindak pidananya, Panwaslu yang akan mengambil alih," kata Zulita. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016