Pontianak  (Antara Kalbar) - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki peran penting dalam menyukseskan setiap program pemerintah, kata Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana.

"Untuk itu tidak salah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar dalam membangun keluarga sejahtera menjadikan PKK sebagai mitra kerja, apa lagi PKK juga merupakan mitra kerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)," kata Kusmana di Melawi, beberapa waktu lalu.
Hal itu mengingat PKK adalah mitra kerja BKKBN sekaligus seluruh SKPD sehingga program pemerintah dapat terlaksana dan langsung terealisasi.

Ia mengatakan dalam mendukung program pemerintah untuk membangun masyarakat sejahtera dengan kualitas hidup yang baik, PKK bersama BKKBN Kalbar dan instansi terkait melakukan beberapa kegiatan yang langsung menuju sasaran kepada masyarakat luas.

"PKK memiliki peran penting dalam menyukseskan program pemerintah. Integrasi ini dilakukan mengingat PKK adalah mitra kerja BKKBN sekaligus seluruh SKPD sehingga program pemerintah dapat terlaksana dan langsung terealisasi," ujarnya.

Menurut dia, ketua PKK sendiri juga memiliki peran penting dalam memberi semangat baik kepada seluruh anggota PKK maupun kepada masyarakat luas dalam pemahaman program PKK, termasuk program BKKBN dan Pemprov Kalbar.

"Ketua PKK ini menjadi motivator kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan program. Dan ini terbukti disetiap pelaksanaan PKK yang diadakan, respon masyarakat sangat antusias," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Panji mengatakan dengan adanya kegiatan PKK KB Kesehatan, maka dapat memberikan manfaat dalam rangka pencapaian program KB untuk mempercepat revitalisasi program KB di Kecamatan Tanah Pinoh dan Kabupaten Melawi pada umumnya, agar memberikan partisipasi secara aktif.

Perlu keseriusan selain peran serta masyarakat dalam menyukseskan keluarga yang berencana. Panji menegaskan bahwa program pencapaian KB bukanlah program seremonial tetapi merupakan kebutuhan sebagai tulang punggung keluarga dalam negara.

"Apabila sehat dan terprogram dengan baik dengan kualitas diri maka akan mendapatkan keluarga yang berkualitas," katanya.

(U.A057/Y008)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016