Singkawang (Antara Kalbar) - Kasat Lantas Polres Singkawang, Iptu Fauzan mengatakan, angka kecelakaan yang terjadi di wilayah hukumnya telah mengalami penurunan 63 persen sepanjang tahun 2016.

"Jika dibandingkan pada tahun 2015 telah terjadi penurunan angka kecelakaan hingga 63 persen," kata Fauzan, Selasa.

Pada tahun 2015 angka kecelakaan di Singkawang mencapai 110 kasus. Sedangkan pada tahun 2016 angka kecelakaaan dapat ditekan menjadi 70 kasus.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hasil kerja keras semua jajaran dari tingkat Polres maupun tingkat polsek yang sudah rutin melaksanakan giat preemtif serta preventif.

Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan pihak kepolisian, jelasnya, antaralain, melaksanakan patroli pada pagi hingga malam, dan menganalisa kejadian berdasarkan dari anatomi laka lantas sehingga wilayah-wilayah rawan laka lantas dapat di pantau dan di mobilling pada saat-saat jam rawan seperti sore hari dan malam hari.

Selain itu, lanjut Fauzan, pihaknya juga melakukan fungsi lantas melalui pembinaan di sekolah-sekolah dan perkantoran mengenai tata tertib berlalu lintas.

"Kami juga melakukan penegakan hukum melalui hunting sistem yaitu melakukan penindakan kepada pelanggar pada saat melakukan patroli," jelasnya.

Mengingat beberapa hari lagi kita akan menghadapi pergantian tahun, dirinya mengimbau kepada masyarakat Singkawang khususnya, untuk selalu berhati-hati dalam berkendara.

"Patuhi peraturan lalu lintas supaya terhindar dari kecelakaan yang berakibat fatal, dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas serta budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," katanya.

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016