Sambas (Antara Kalbar) - Satlantas Polres Sambas peringatkan sopir truk agar muatan harus dijaring supaya bawaan seperti buah sawit, pasir dan tanah saat dibawa tidak terjatuh dan membahayakan pengendara lainnya.

"Kita terus melakukan peringatan agar para sopir sadar bahwa bak truk tidak tertutup akan membahayakan orang lain," ujar Kasatlantas Polres Sambas Saiful Bahri di Sambas, Selasa.

Meski pihak sudah terus melakukan peringatan dan pengawasan di lapangan namun masih banyak sopir mengabaikan peringatan yang ada.

"Berulang kali kami memberikan teguran kepala supir truk yang mengangkut bawaannya seperti buah sawit, pasir, batu dan tanah untuk selalu mengunakan pengaman seperti jaring atau semacam terpal untuk menghindari jatuhnya material angkutan yang bisa membahayakan orang lain," ujar dia.

Ia mengatakan upaya yang dilakukan agar keselamatan pengguna jalan lain merasa aman selain itu agar angka kecelakaan pun berkurang.

"Hal ini kami lakukan agar pengguna jalan lainnya merasa aman ketika berada dibelakang truk yang mengangkut bawaan seperti itu,"ujarnya.

Kasatlantas menegaskan jika anggotanya menemukan supir truk yang abai terhadap keselamatan dengan mengangkut buah sawit, pasir, tanah dan batu yang tidak mengunakan pengaman, maka akan langsung dilakukan penilangan.

"Mulai saat ini kita akan langsung tindak tegas para sopir yang nakal. Selaka pengendara kita harus menjaga keselamatan kita juga orang lain," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016