Ngabang (Antara Kalbar) - Calon Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menyerukan masyarakat Dayak untuk bersatu dalam menyukseskan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung pada tanggal 15 Februari 2017 di kabupaten itu.

"Selama ini, persatuan masyarakat Dayak di Landak, sudah tidak diragukan lagi, dimana pada beberapa kali pelaksanaan pemiliu, selalu bisa bersatu dan menyukseskannya dengan aman. Untuk itu, pada pemilukada Landak nanti, masyarakat Landak harus tetap bersatu, jangan mudah terpecah belah dengan isu yang tidak diketahui kebenarannya," kata Karolin, usai menghadiri Musyawarah Adat Dewan Adat Dayak Ke III Kabupaten Landak, di Ngabang, Kamis.

Menurutnya, jika masyarakat Dayak bisa bersatu dan ikut berpartisipasi dalam pemilukada, maka masyarakat Dayak telah ikut menyukseskan program pembangunan yang ada di kabupaten itu.

Dirinya menjelaskan, peran serta masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan daerah merupakan salah satu syarat mutlak dalam era kebebasan dan keterbukaan ini.

Pengabaian terhadap faktor ini, terbukti telah menyebabkan terjadinya deviasi yang cukup signifikan terhadap tujuan pembangunan itu sendiri yaitu keseluruhan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Seperti yang diketahui, pemborosan keuangan negara merupakan implikasi lain deviasi tersebut," tuturnya.

Namun, dengan proses pelibatan partisipasi masyarakat lokal dalam implementasi proyek-proyek pembangunan di tingkat kabupaten/kota, terbukti telah berhasil membawa perubahan-perubahan mendasar dalam peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga pedesaan.

"Karena pada pilkada Landak kali ini ada sedikit perbedaan dari yang sebelum-sebelumnya, dimana kali ini hanya ada pasangan calon, yaitu saya dan pak Herculanus Heriadi sebagai wakil saya dan nantinya, jika terpilih, saya akan menjadi perempuan Dayak pertama di Landak, bahkan di Indonesia yang menjadi bupati," katanya.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat Dayak Landak, untuk bersama-sama mengukir sejarah bagi kabupaten itu dan bersama mewujudkan pembangunan yang lebih baik di Landak.

"Tanpa partisipasi masyarakat, tentu hal itu tidak bisa dilakukan. Untuk itu, mari bersama-sama kita mewujudkan pembangunan di Landak yang lebih baik, demi generasi penerus kita dan generasi masyarakat dari suku lainnya di Landak," kata Karolin.
(U.KR-RDO/B012)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016