Ketapang (Antara Kalbar) - Sejumlah klenteng di Kota Ketapang, Senin  mulai mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan upacara persembahyangan pergantian tahun Imlek dalam tradisi Tionghoa.
   "Sementara ini kami masih dalam tahap mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang nanti akan digelar menjelang pelaksanaan upacara persembahyangan malam pergantian tahun Imlek. Sebelumnya ada kegiatan-kegiatan lainnya juga, ini sedang kami persiapkan," kata Ayong, pengurus Klenteng Pekong Tua Ketapang.
    Menurut Ayong, kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan klenteng biasanya mulai dari kerja bakti bersih-bersih sampai dengan persiapan masing-masing persembahyangan menjelang Imlek.
    Ia juga mengatakan ada beberapa kelenteng di Ketapang yang juga melakukan persiapan tahun baru Imlek seperti di klenteng Jalan Imam Bonjol dan Jalan ingkar Kota.
    Ayong mengatakan, ada beberapa persiapan-persiapan khusus untuk Imlek nanti supaya umat nyaman berdoa dan bersembahyang. "Imlek itu biasanya juga acara kumpul-kumpul keluarga. Imlek ada beberapa kali persembahyangan," ujar Ayong..
    Untuk tahun ini, persembahyangan malam pergantian tahun memang berbeda dibandingkan dengan persembahyangan lain dalam tradisi masyarakat Tionghoa. Tahun ini malam pergantian tahun berlangsung pada Jumat (27/1) malam dimulai jam 23.00 dan esok harinya pada Sabtu (28/1) adalah tahun baru Imlek 2568.
    Ia berharap Imlek tahun ini bisa berjalan lancar dan aman di Ketapang.sehingga warga Tionghoa yang bersembahyang bisa beribadah dengan tenang saat perayaan tahun baru Imlek 2568.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017