Ngabang (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan petinju Iwan "Sniper" Zoda bisa mengalahkan petinju asal Philipina, Robert Onggocan dalam perebutan gelar Juara Dunia versi IBF Youth malam ini.

"Iwan Zoda ini merupakan salah satu petinju berprestasi asal Kalimantan Barat yang tentu menjadi kebanggaan bagi daerah ini. Untuk itu, dia harus bisa memenangkan pertandingan nanti malam melawan petinju asal Philipina, Robert Onggocan," kata Cornelis di Ngabang, Sabtu.

Dirinya menyatakan, kemenangan itu tentu harus diraih, terlebih Iwan Zoda akan bertarung di kandangnya sendiri.

"Kalau bisa dia menanglah, jadi juara, siapapun gubernur ya pasti memikirkan bagaimana rakyatnya berprestasi, harapan kita dia menanglah pertahanlah juara itu, jangan lalu diambil orang lain, apalagi betinju di kampung sendiri masak bisa kalah," tuturnya.

Cornelis juga mengharapkan, kedepan bisa muncul lagi atlet-atlet berprestasi asal Kalbar. Tidak hanya di cabang olahraga Tinju, tetapi untuk cabang lainnya juga.

Di tempat yang sama, pelatih Iwan Zoda, Damianus Yordan juga berharap anak asuhnya itu bisa mempertahankan gelar juara dunia IBF Youth.

"Saya berharap Iwan bisa mempertahankan gelar juara dunia IBF Youth, dimana pertandingan ini akan dilakukan di stadion patih gumantar Ngabang," kata abang kandung dari juara dunia tinju Daud Yordan, usai audiensi dengan Gubernur Kalbar Cornelis di kediamannya di Villa Permata Hijau Jalan Serimbu Ngabang.

Rombongan Iwan Zoda yang diterima Gubernur Cornelis, selain Damianus Yordan yakni Iwan Zoda didampingi ketua KTI kalbar Adrianus Asia Sidot, dan Ben Kielty dari Australia.

Damianus yang sudah cukup berpengalaman di dunia tinju profesional mengatakan kondisi Iwan sangat siap karena sudah menjalani persiapan yang keras, sparring partner dengan seniornya, Daud Yordan.

Diakui Dami modal latih tanding dengan Iwan inilah untuk memenangi pertandingan nanti malam.

"Iwan diharapkan mampu mempertahankan sabuk juaranya yang direbut dari petinju Hungaria Canalas di pontianak tahun lalu, dukungan juga sangat bagus, karena kali ini orang nomor satu di Kalbar (Gubernur Cornelis) juga memberi dukungan kepada Iwan Zoda petinju kelahiran pulau Maya Karimata Kayong Utara ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017