Pontianak,  (Antara Kalbar) - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Senin, meresmikan Kantor Camat Pontianak Kota yang berada satu atap dengan Kantor Lurah Sungai Bangkong dan dibangun dengan dana sebesar Rp10 miliar.

"Dengan diresmikannya kantor Camat Pontianak Kota dan Lurah Sungai Bangkong, maka harus diikuti dengan pelayanan yang meningkat pula, karena sudah didukung dengan suasana kerja yang nyaman," kata Sutarmidji dalam sambutannya pada saat meresmikan gedung baru tersebut di Pontianak.

Ia berharap, pelayanan yang diberikan lebih maksimal dan tanpa ada keluhan dari masyarakat. Aparatur yang bertugas di bagian front office, diminta harus ramah dalam melayani masyarakat.

Front office sebagai bagian pelayanan terdepan sangat memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan. "Makanya kami ubah tata letaknya sehingga front office berada di depan," ungkapnya.

Menurut dia, keluhan dalam pelayanan semakin hari semakin sedikit. Namun keluhan itu terkadang penyebabnya bukan dari aparatur pelayanan, melainkan dari masyarakat itu sendiri.

Sebab tidak jarang, masyarakat baru mengurus administrasi kependudukannya ketika dalam keadaan terdesak atau dibutuhkan.

"Misalnya, mau mengurus BPJS, sudah sakit baru mau buat. Itu yang kadang timbul persepsi lain," tuturnya.

Selain itu, pelayanan KTP elektronik (E-KTP) yang kerap dikeluhkan masyarakat, Sutarmidji menyebutkan, hal itu terjadi akibat kekosongan blangko E-KTP dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kalau memang pemerintah daerah diperbolehkan pengadaan blangko E-KTP, kita mungkin sudah melakukannya. Tetapi aturan itu harus dari Kemendagri," ujarnya.

Sementara itu, Camat Pontianak Kota, Syahroni berharap, dengan gedung yang baru itu, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat semakin maksimal. Apalagi Kecamatan Pontianak Kota sudah masuk dalam zona hijau dalam penilaian kepatuhan pelayanan publik oleh Ombudsman RI.

"Supaya masyarakat nyaman, kami siapkan kursi-kursi untuk masyarakat duduk sambil menunggu panggilan antrean. Air mineral juga kami siapkan," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah lebih dahulu menginformasikan ke seluruh RT bahwa Kantor Camat Pontianak Kota pindah di lokasi yang sama dengan Kantor Lurah Sungai Bangkong menjadi satu atap. "Kami sudah sampaikan ke RT-RT bahwa pelayanan kecamatan sudah pindah di sini. Di kantor lama juga kita pasang plang pengumuman," katanya

Ketua RW 03 Kelurahan Sungai Bangkong, Suparno menyambut baik dengan diresmikannya gedung baru Kantor Camat Pontianak Kota dan Lurah Sungai Bangkong.

"Kami sangat mendukung dengan dibangunnya kantor camat dan lurah ini menjadi satu atap, sehingga masyarakat tidak perlu sulit-sulit lagi untuk mengurus berbagai administrasi," katanya.


(U.A057/N005) 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017