Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Panitia Pelaksana Ujian Nasional (UN) Kabupaten Sambas Uray Iskandar mengatakan sebanyak 9 SMA/sederajat siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Iskandar saat dihubungi di Sambas, Selasa memaparkan adapun sekolah yang akan melaksanakan UNBK yakni SMA Bonaventura Sambas, SMAN 2 Sambas, SMAN 1 Tekarang, SMA Amkur Pemangkat, SMKN 1 Sambas, SMKN 1 Teluk Keramat, SMKN 1 Pemangkat, SMKN 1 Tebas dan SMKN 2 Pemangkat.

"Untuk UN mendatang akan diadakan bulan April 2017 mendatang. Terkait UNBK sebelum digelar terlebih dahulu disosialisasikan kepada siswa perihal teknis pelaksanaannya," ujarnya.

Setelah sosialisasi dilakukan juga simulasi. Menurutnya simulasi perdana telah dilaksanakan Senin (13/2) untuk siswa SMK. Sedangkan menyusul tanggal 20 Februari untuk SMA dan setelah itu baru SMP.

Mengenai perlengkapan penunjang utama UNBK seperti komputer menurut Iskandar sudah divalidasi mengenai jumlah unitnya dan peserta yang akan mengkutinya. Begitu pula dengan listrik.

"Kami juga berkoordinasi dengan PLN supaya tidak memadamkan lampu saat UNBK berlangsung. Seperti tahun lalu, bahkan sekolah disiapkan genset oleh PLN, validasi jumlah komputer dan peserta juga sudah dilakukan artinya final dan sudah siap," jelasnya.

Disebutkan, untuk pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sambas tahun lalu telah berjalan dengan lancar meskipun terjadi pemadaman listrik namun tidak lama.

"Tahun sebelumnya boleh dikatakan sukses. Meskipun ada sebentar lampu mati tapi karena ada genset tidak jadi masalah. Harapannya tahun ini tidak ada kendala apapun dan semua berjalan sesaui rencana yang ada," harapnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017