Sintang  (Antara Kalbar) - Tempat hiburan malam di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, saat ini menjamur dan dikhawatirkan dapat mengancam terjerumusnya generasi muda pada pergaulan bebas.

"Masalah sosial yang dihadapi anak muda Sintang saat ini menjamurnya tempat hiburan malam," kata Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih ditemui di Sintang, Selasa.

Menurut Tuah tempat hiburan malam dapat memicu terjerumusnya generasi muda pada pergaulan bebas mengingat anak muda masih memiliki pemikiran yang labil.

"Saya rasa itu tanggung jawab kita bersama tidak hanya orang tua melainkan juga pemerintah dan lingkungan masyarakat," tegas Tuah.

Dikatakan Tuah agama manapun pasti menentang kehidupan dunia malam yang dapat mengorbankan iman seseorang.

Dirinya meminta pemerintah dan pihak terkait dapat melakukan langkah baik penertiban dan pembinaan.

"Penertiban memang pernah dilakukan namun belum efektif dan belum tepat sasaran," tutur Tuah.

Menurut dia solusi terbaik yaitu pemerintah mesti segera menyediakan sebuah wadah yang bisa dijadikan tempat anak muda menyalurkan bakat dan kreativitas.

"Daripada membiarkan mereka berkumpul ditempat yang seharusnya bukan tempat mereka, justru akan membuat generasi muda terjerumus pergaulan bebas, minuman keras dan narkotika," kata Tuah.

Lebih lanjut Tuah meminta agar ada ketegasan pemerintah dalam mengatur tempat hiburan malam, selain penertiban mesti dilakukan pembinaan.

"Bisa diberikan pembinaan yang wajib diikuti misalnya empat kali dalam sebulan dengan batas waktu yang ditentukan sebagai sanksi moral," katanya.

Sebagai wakil rakyat, Tuah berharap generasi muda Kabupaten Sintang terhindar dari hal - hal negatif yang merusak masa depan. 

(T.KR-TFT/N005) 

Pewarta: Tantra Nurandi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017