Sambas  (Antara Kalbar) - Komite Mahasiswa Kabupaten Sambas (KMKS) memberi gambaran kepada calon mahasiswa mahasiswi asal Sambas yang akan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 melalui try out.

"Pelaksanaan kegiatan try out SBMPTN 2017 bertempat di Pendopo Bupati Sambas. Kegiatan yang kita laksanakan agar para calon-calon mahasiswa yang ikut dalam kegiatan tersebut sudah mempunyai bekal terkait gambaran tes SBMPTN yang sebenarnya di Pontianak pada 16-17 Mei 2017 mendatang," ujar Ketua Panitia, Rixsy saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Rixsy menjelaskan kegiatan tersebut juga tidak hanya sebatas simulasi soal try out semata tetapi memberikan semangat serta motivasi dan juga memberikan informasi seputar beasiswa siswa yang berprestasi kepada calon mahasiswa.

Ia memaparkan pada kegiatan tersebut antusiasme dari calon mahasiswa yang mengikuti kegiatan try out yang sangat tinggi terbukti dengan ramainya peserta yang ikut.

"Jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 308 siswa dan siswi dari target yang diinginkan sebanyak 300 peserta yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sambas, " ujarnya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah mendukung hingga suksesnya acara tersebut.

"Terima kasih kepada PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas, Antara Biro Kalbar, Jejaring Wisata Kalbar dan Pemerintah yang telah mendukung" kata dia.

Hanafi salah satu peserta menggatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena tidak hanya mendapat contoh-contoh soal yang akan diujikan tetapi dia merasakan sangat senang karena bisa bertemu teman-teman baru dari sekolah yang lain.

"Sangat senang dan sangat terbantu sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh abang-abang dari KMKS. Ini merupakan pembekalan yang penting bagi kami sebelum ikut tes yang sesungguhnya nanti," ungkapnya.

Sementara itu Ketua KMKS, Deki mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program dari KMKS untuk membantu pemerintah dalam mendorong agar meningkatnya IPM Kabupaten Sambas.

"Seperti kita ketahui IPM Kabupaten Sambas saat ini berada pada posisi 6 dari 14 Kabupaten dan kota di Kalbar dan kita ingin bekerja sama dengan pemerintah untuk terus meningkat kannya," ungkap nya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Sambas, Edi Jusmadi yang sekaligus membuka acara.

Dalam sambutan ia mengatakan bahwa calon mahasiswa-mahasiswi ini agar tidak putus asa jika nantinya tidak lolos dalam Tes SBMPTN karena masih ada tes berikut nya dan masih banyak kampus-kampus lain untuk kuliah.

"Adek-adek jangan putus asa jika tes nanti tidak lulus karena masih ada tes berikut nya, dan jangan hanya ingin kuliah Di Pontianak, di lain juga masih banyak kampus , seperti di Sambas ada POLTESA dan IAIS" katanya.

Dia juga mengimbau kepada peserta yang ada untuk lebih bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknyanya agar tidak ketinggalan informasi.

"Terima kasih kepada KMKS yang selama ini telah berperan aktif membantu pemerintah dalam kemajuan pendidikan Kabupaten Sambas. Kami berharap agar KMKS tidak hanya melakukan kegiatan yang seperti ini tetapi juga kegiataan lain yang bisa membantu pemerintah," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut KMKS juga turut mengundang BEM IAIS Sambas, BEM POLTEK Sambas dan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sambas.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017