Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat MH Munsin mengatakan, kondisi jalan yang biasa digunakan untuk mudik Lebaran pada tahun ini dalam kondisi memadai dan aman untuk dilewati masyarakat.

"Kita sudah melakukan pemantauan untuk jalur mudik Lebaran tahun ini pada sejumlah jalan yang ada, dimana kondisinya sudah sangat memadai. Masyarakat juga tidak perlu khawatir untuk melewatinya," kata Munsin di Pontianak, Selasa.

Meski demikian, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan beberapa ruas jalan, seperti Jalan Trans Kalimantan dan jalan arah menuju Kabupaten Kayong Utara untuk tetap waspada, khususnya pada musim hujan.

"Masih ada beberapa ruas jalan yang masih tanah kuning. Kalau kondisi jalan kering, tentu aman, namun kalau hujan, kemungkinan perjalanan agak terhambat," tuturnya.

Ia mengaku juga sudah memeriksa kelayakan sejumlah angkutan umum yang biasa digunakan masyarakat untuk mudik. Dimana untuk sejumlah trayek yang ada dipastikan layak, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk angkutan baik darat, laut dan udara untuk persiapan mudik. Koordinasi tersebut akan terus dilakukan hingga pelaksanaannya.

"Untuk angkutan udara, kita tetap akan menerapkan harga ambang batas dan bawah, untuk mencegah terjadinya kenaikan harga tiket. Demikian untuk angkuran darat, saya rasa harganya tidak akan terlalu tinggi," katanya.

Namun, dirinya akan meningkatkan pengawasan pada akomodasi angkutan laut, karena menurutnya, biasanya menjelang Lebaran, kapasitas angkutan umum ini selalu mengalami kelebihan penumpang.

"Ini yang akan kita antisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan," kata Munsin.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017