Singkawang (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang sedang mengusulkan sebanyak empat Puskesmas menuju akreditasi di tahun ini, untuk meningkatkan mutu layanan puskesmas tersebut.

"Ada empat Puskesmas yang kita usulkan, dalam rangka untuk meningkatkan mutu layanan," kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Singkawang, A Kismed, di Singkawang, Jumat.

Dengan pengusulan peningkatan akreditas tersebut, dia berharap mutu layanan di empat puskesmas itu bisa lebih ditingkatkan dan mereka harus bekerja sesuai dengan prosedur dan kewenangan masing-masing. "Artinya bekerja tidak melangkahi kewenangan dan tidak keluar dari SOP yang ada," ujarnya.

Menurutnya, empat Puskesmas yang diusulkan antara lain, Puskesmas yang berada di Kecamatan Singkawang Barat, Timur, Tengah dan Selatan.

"Kalau untuk Puskesmas di Singkawang Utara sudah terakreditasi," tuturnya.

Untuk mencapai akreditasi, katanya, mereka harus melengkapi dokumen, SOP, petugas, peralatan, sarana dan prasarana, dan lain-lain.

Kismed merasa optimistis jika empat Puskesmas yang diusulkan kelak bisa mencapai akreditasi.

"Kita optimis, karena satu Puskesmas yang pernah kita usulkan tahun lalu berhasil mencapai akreditasi meskipun masih tingkat dasar. Apalagi empat Puskesmas yang kita usulkan ini sudah dipersiapkan dari awal," ungkapnya.

Dengan sudah terakreditasinya empat Puskesmas di Kota Singkawang di tahun ini, Kismed berharap, dapat semakin meningkatnya pula tanggung jawab dan pelayanannya kepada masyarakat.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017