Sintang (Antara Kalbar) - Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Lingkungan Masyarakat akan ditingkatkan statusnya menjadi Badan Kesbangpolinmas.

"Kondisi masyarakat Kabupaten Sintang begitu multikultural, maka Kebangpolimas harua kuat," kata Jarot di Sintang, Kalimantan Barat, Rabu.

Ia menjelaskan rencana peningkatan status dari kantor menjadi bandan akan dibahas dengan DPRD untuk mendapat persetujuan.

Menurut Jarot, peningkatan status Kesbangpolinmas ini penting, karena Kabupaten Sintang yang memiliki masyarakat begitu majemuk harus mempunyai Kesbangpolinmas yang kuat.

Selain meningkatkan status Kesbangpolinmas, Pemkab Sintang juga akan meningkatkan status Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Ia mengatakan saat ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah membantu Pemkab Sintang, dengan memberikan dana penanggulangan kegawatdaruratan infrastruktur dasar.

"Tahun ini BNPB telah memberi kami dana untuk pembangunan Jembatan Mansik sebesar Rp3 miliar. Jadi saya rasa kalau BPBD Sintang organisasi masih kecil sulit untuk melaksanakan tugas yang ada," kata Jarot.

Dia mengatakan BPBD Sintang harus menjadi organisasi yang lebih besar agar bisa melaksanakan tugas penanggulangan bencana dan mengatasi kegawatdaruratan infrastruktur. 

(KR-TFT/M029)

Pewarta: Tantra Nurandi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017