Sintang, Kalbar (Antara Kalbar) - Sebanyak 6.000 pelajar di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat mengikuti karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke - 72 di wilayah setempat.

" Karnaval digelar untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke - 72 dengan tema kerja bersama," kata Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melepas peserta karnaval di depan kompleks rumah jabatan Bupati Sintang, di Sintang Kalimantan Barat, Selasa.

Dikatakan Jarot, tema tersebut mengingatkan untuk merebut kemerdekaan para pejuang bekerja keras, tetasan air mata, keringat bersama, bahkan rela mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan Indonesia.

" Seluruh elemen bangsa bergerak, berjuang untuk merebut kemerdekaan," kata Jarot.

Menurut Jarot, saat ini semangat gotong royong perlu dibangun bersama dalam mengisi kemerdekaan untuk membangun Indonesia.

Ia berpendapat bahwa gotong royong haruslah dimulai sejak kecil, dan perlu disadari bersama bahwa gotong royong adalah falsafah hidup kita.

" Mari kita tolong menolong dan mengutamakan kerjasama," ajak Jarot.

Dia mengatakan karnaval tersebut bukan sekedar untuk bergembira ria, tetapi untuk melihat apakah kita sudah siap untuk bekerjasama membangun daerah dan mengisi kemerdekaan yang dititipkan para pejuang.

Sementara itu Koordinator Teknis Perlombaan, Pinarto mengatakan karnaval itu diikuti kurang lebih 6.000 orang peserta.

Untuk tingkat Sekolah Dasar sebanyak 26 regu dengan jumlah peserta sebanyak, 1.248 orang. Tingkat SMP sederajat ada 12 regu dengan jumlah peserta 1.120 orang. Tingkat SMU sederajat ada 16 regu dengan jumlah peserta 1.800 orang dan umum sebanyak 340 orang.

Selain karnaval juga dilangsungkan lomba enggrang.

Pewarta: Tantra Nurandi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017