Pontianak (Antara Kalbar) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar memeberikan penghargaan kepada sejumlah penyelenggara sistem pembayaran bank dan bukan bank di Wilayah Kalbar.

"Sebagaimana tahun sebelumnya, tahun ini pemberian penghargaan kembali kita lakukan. Pemberian ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada stakeholders penyelenggara sistem pembayaran bank dan bukan bank di Wilayah Kalbar yang telah mendukung program kerja Bank Indonesia," ujar Kepala KPW BI Kalbar, Dwi Suslamanto saat upacara bendera di Pontianak, Kamis.

Dwi menjelaskan, ada beberapa kategori dan kriteria penilaian yang harus dipenuhi agar bisa menjadi yang terbaik.

Untuk kategori penyelenggara sistem pembayaran bank terutama dalam hal pengelola uang tunai terbaik terdapat juga beberapa kriteria.

Kriteria tersebut meliputi pelapor terbaik atas uang yang diragukan keasliannya kepada Bank Indonesia dan deviasi terkecil antara proyeksi dan realisasi penarikan uang ke Bank Indonesia selama periode Ramadhan 1437 H.

"Selain itu juga ada kriteria soal ketertiban pengelolaan fisik uang dan ketepatan penyampaian laporan likuiditas harian bank melalui aplikasi Bank Indonesia Sistem Informasi Layanan Kas (BISILK)," kata dia.

Ia menyebutkan berdasarkan kriteria penilaian yang ada, penghargaan pengelola uang tunai terbaik pertama diraih oleh Bank UOB Indonesia. Selanjutnya baru disusul Bank Permata dan Bank Rakyat Indonesia.

"Sementara untuk penghargaan khusus kepada bank koordinasi terbaik bidang sistem pembayaran tunai dan non tunai 2017 kita berikan kepada Bank Kalbar," jelasnya.

Sedangkan, untuk penghargaan kategori penyelenggaran sistem pembayaran bukan bank diberikan kepada kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank (KUPVA BB) dan Penyelenggara Transfer Dana (PTD) terbaik juga memiliki kriteria.

Kriteria penilaiannya yaitu kepatuhan penyampaian laporan transaksi KUPVA BB dan PTD kepada Bank Indonesia serta ketertiban manajemen dan sistem akuntansi keuangan KUPVA BB dan PTD.

"Berdasarkan kriteria penilaian tersebut maka penghargaan penyelenggara sistem pembayaran bukan bank terbaik 2017 di wilayah Kalbar diberikan kepada Gemilang Perdana Sejati, Gapura Mas Perkasa dan Surya Mandiri Eka Jaya. Sedangkan untuk penyelenggara transfer dana terbaik disebat oleh Gemilang Cipta Pratama Ekspress," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pada 2017 ini, pihaknya juga menambah satu kategori penghargaan yaitu penghargaan kategori Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terbaik dengan kriteria penilaian yaitu kepatuhan penyampaian Laporan Bulanan BPR (LBBPR) kepada Bank Indonesia serta tidak pernah menerima sanksi kepatuhan laporan periode 2016-2017.

"Berdasarkan kriteria tersebut maka penghargaan BPR terbaik 2017 di wilayah Kalbar yaitu BPR Centradana Kapuas, BPR Lokadana Sentosa dan PD. BPR Bank Pasar," kata dia.

Masih dimomentum memperingati HUT Ke-72 RI, KPw BI Kalbar juga memberikan penghargaan kepada para veteran Kalbar yang diwakili sebanyak 20 orang veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalbar.

"Penghargaan tersebut diberikan sebagai ungkapan rasa terima kasih Bank Indonesia atas dedikasi, perjuangan dan pengorbanan yang telah dicurahkan dalam rangka mewujudkan Indonesia yang merdeka, aman, dan bersatu," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017