Pontianak (Antara Kalbar) - Anggota Komisi B DPRD beserta Kepala Dinas Kabupaten Magetan, Jawa Timur menawarkan kerja sama perdagangan kepada Pemerintah Kota Singkawang.

"Kedatangan kita ke sini selain melakukan study banding juga ingin mengajak kerja sama dengan Pemkot Singkawang terutama di bidang perdagangan," kata Anggota DPRD Kabupaten Magetan, Sofandy, Selasa.

Dalam kunjungannya, dia juga menilai jika Singkawang merupakan kota yang cukup terkenal. Disamping itu masyarakat Singkawang juga sangat majemuk.

"Namun, keberagaman dan perbedaan itu justru dapat menyatukan masyarakat Singkawang sehingga toleransi antar umat beragama di Kota Singkawang berjalan dengan baik," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Asisten 1 Pemerintahan Setda Kota Singkawang, Hery Apriyadi menyambut baik kerjasama yang ditawarkan Pemkab Magetan.

"Kedatangan mereka intinya Study Banding terkait Raperda Penguatan Koperasi dan UKM," kata Hery.

Kemudian, Raperda yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi badan pembentukan Perda sekaligus kerja sama di bidang perdagangan daerah Kota Singkawang.

"Jadi di dalam pertemuan ini kita jelaskan apa yang menjadi potensi kita dan apa yang menjadi potensi mereka, sehingga hasil dari pertemuan ini bisa menjadi bahan kajian masing-masing daerah," ujarnya.

Namun kerja sama itu nantinya, akan diawali dengan penandatanganan MoU antar Pemkot Singkawang dengan Pemkab Magetan.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan mengatakan, dari beberapa diskusi intinya mereka mengajak untuk kerja sama terutama di bidang perdagangan.

"Artinya mereka surplus barang apa dan kekurangan barang apa. Kita siap mendorong usaha kita dengan bekerja sama dengan antar pedagang, setelah itu antar pengusaha inilah yang akan menindaklanjutinya dengan kontrak kerja," ujarnya.

Melalui kerja sama itu, secara tidak langsung pihaknya juga ikut membantu para pelaku usaha yang memang barang produksinya sangat dibutuhkan oleh Pemkab Magetan.

"Misalnya hasil-hasil dari kerajinan Singkawang, hasil produksi makanan ringan Singkawang. Dan ini harus terus kita siapkan, karena kalau sudah kerja sama tentu dia harus memenuhi permintaan sesuai dengan kontrak," ungkapnya.

 (KR-RDO/Y008)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017