Sambas (Antara Kalbar) - Kabag Ops Polres Sambas Kompol Jajang mengatakan selama Idul Adha 1438 Hijriyah pihaknya telah melakukan sejumlah langkah pengamanan mengingat perayaan tersebut di Sambas lebih meriah dibandingkan daerah lain.

"Berbeda dengan daerah lainnya, Kabupaten Sambas merayakan Idul Adha dengan cukup meriah. Sehingga pengamanan dalam rangka menjaga kondusifitas pun mutlak diperlukan," ujarnya di Sambas, Minggu.

Jajang menjelaskan pengamanan yang ada saat ini sama halnya dengan tahun - tahun sebelumnya sehingga rasa aman dan nyaman di terus terkendali.

"Untuk pengamanan kita saat ini untuk beberapa hari ke depan telah menyiapkan beberapa unit mobil patroli dan pasukannya. Dengan patroli yang ada akan memberikan rasa aman dan jika ada hal yang tidak diinginkan bisa dicegah sejak dini," kata dia.

Jajang menambahkan bahkan pihaknya dari Polres Sambas beberapa hari menjelang hari raya Idul Adha bersama Dinas Perdagangan juga turut turun ke pasar.

"Sebelum Lebaran kita bersama dengan Diskumindag turun ke pasar. Itu bertujuan untuk memastikan keadaan sembako dan lainnya aman. Di lapangan tidak kita temukan adanya makanan kedaluarsa dan penimbunan serta harga barang juga stabil tidak mengalami kenaikan yang signifikan," kata dia.

Jajang menyebutkan juga bahwa ketika shalat hari Idul Adha di sejumlah masjid pihaknya juga turun di lapangan.

"Sejak menjelang Lebaran dan hingga kini, Sambas alhamdulillah kondusif. Kita juga terus mengingatkan agar warga yang bepergian untuk selalu berhati-hati dan waspada. Menjaga kondisi rumah tetap aman juga mesti diperhatikan sebelum bepergian, pastikan terkunci dan tertutup rapat, cek kompor gas, kelistrikan dan lainnya sebelum bepergian," pesannya.

(KR-DDI/T011)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017