Pontianak (Antara Kalbar) - Sejumlah tokoh adat, agama, pemuda dan mahasiswa di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu, mendeklarasikan dukungannya kepada Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Calon Wakil Presiden 2019.

Menurut Koordinator Deklarasi dab Relawan Muhaimin Iskandar Cawapres 2019 Wilayah Kalbar, Gusti Yusri, ada beberapa pertimbangan sehingga mereka mengusung Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar.

"Cak Imin punya rekam jejak yang baik dan memiliki pengalaman yang cukup, serta masih berusia muda," kata Gusti Yusri yang juga Raja ke-14 Tayan.

Sementara untuk presiden, mereka tidak menyebutkan nama tertentu. "Bisa Jokowi, Prabowo, atau yang lain, bahkan terbuka kemungkinan ke depan kami akan mendorong Cak Imin untuk siap juga menjadi capres," kata Gusti Yusri.

Ia menegaskan, capres yang ada harus memiliki keberpihakan kepada rakyat kecil, nelayan dan petani, perekonomian warga miskin dan Nahdliyin dan bertekad bulat mewujudkan kedaulatan dan kemandirian bangsa di segala bidang.

"Kita harus sanggup membangun ekonomi industri energi berdasarkan kekuatan anak bangsa sendiri, jangan terus-terusan Indonesia hanya menjadi sasaran eksploitasi negara-negara besar dan kekuatan fundamentalisme pasar dan kapitalis," ujar dia.

Ketua Dewan Adat Dayak Kecamatan Sompak Kabupaten Landak Kalbar, Temenggung Sessel beserta Pendeta Hery mengungkapkan bahwa sukarelawan Kalbar untuk Cak Imin berasal dari berbagai lintas agama etnis dan budaya, yang memiliki aspirasi yang sama bahwa masa depan Indonesia sudah saatnya diserahkan ke tangan anak muda seperti Cak Imin.

Mereka menilai sosok Cak Imin meski berusia muda tetapi matang dalam visi, pengalaman dan ahli mengelola negara.

"Setelah ini kami akan terus bergerak secara gotong royong mewujudkan tekad ini, kami terbuka bekerja sama dengan seluruh partai dan kekuatan politik yang ada yang sepakat mendorong Cak Imin maju sebagai cawapres bahkan capres," kata dia.

Setelah ini, mereka akan ke Jakarta untuk bertemu langsung dengan Cak Imin, guna menyampaikan aspirasi ini sekaligus mendesak kesanggupan Cak Imin untuk mewujudkan amanah ini.

Gusti Yusri juga menegaskan bahwa aspirasi tersebut sepenuhnya inisiatif akar rumput yang tidak berhubungan dengan Partai Kebangkitan Bangsa.

"Yang penting Cak Imin bisa memenuhi tuntutan ini, benar-benar menjaga kepercayaan rakyat, buat Indonesia sejahtera dan lebih baik," katanya.



(T.T011/S023)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017