Pontianak (Antara Kalbar) - Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menyelenggarakan kegiatan IAIN Pontianak Bersholawat dan Seminar Nasional dengan mengusung tema, “Membangun Karakter Leadership Qur’ani.” Keynote speaker dalam kegiatan tersebut ialah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Tuan Guru Bajang (TBG) KH Muhammad Zainul Majdi.

Rektor IAIN Pontianak, Hamka Siregar, Sabtu, mengatakan bahwa IAIN Pontianak patut berbahagia mendapatkan kesempatan yang sangat langkah dapat bertemu, berdialog dan berdiskusi dalam seminar dengan Tuan Guru Bajang (TBG) Dr. KH. Muhammad Zainul Majdi, MA. yang sekaligus sebagai Gubernur NTB.

“Mudah-mudahan kedatangan Gubernur ini dapat memberikan pencerahan kepada kami (IAIN Pontianak), supaya dapat menjadi penggerak dan pencerah. Pengalaman-pengalaman yang pernah dialami oleh Tuan Guru Bajang sebagai Gubernur NTB dapat ditularkan dan ditransfer kepada IAIN Pontianak yang terletak di jantung dari Kota Pontianak ini,” paparnya.

Muhammad Zainul Majdi, Tuan Guru Bajang yang menempuh pendidikan Strata 1, Strata 2 dan Strata 1 di Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 kriteria leadership qur’ani sebagai satu bagian dari penunaian misi kita sebagai manusia di atas bumi Allah SWT.

Pertama, misi ubudiyyah. Misi ubudiyyah ini terkandung dalam ayat “wama khalaktu jinna wal innsa ila liya’budun/tidaklah aku ciptakan jin dan manusia ialah untuk beribdah”.

“Kedua, memelihara lingkungan hidup. Termasuk di dalamya membangun bumi Allah secara fisik, menyiapkan sarana dan prasarana dan menjaganya sehingga tidak rusak termasuk ke dalam memelihara lingkungan hidup yang merupakan esensi misi kita sebagai manusia. Ketiga, membangun nilai-nilai yang baik di dalam kehidupan kita. Bagaimana membangun tatanan sosial yang baik, hubungan kebangsaan yang dilandasai dengan saling cinta-mencintai, saling hormat-menghormati, gotong royong, dan semua nilai-nilai yang baik termasuk dalam misi yang ketiga ini,” katanya.

Kegiatan ini dihadiri ratusan perserta yang terdiri dari tamu undangan, para wakil rektor, para dekan dan wakil dekan, dosen, pegawai dan mahasiwa IAIN Pontianak. Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta yang terlihat dari beberapa pertanyaan yang kemudian disambut dengan tepuk tangan oleh ratusan peserta.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017