Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Desk Pilkada DPP Partai Kebangkitan Bangsa Daniel Johan mengungkapkan hingga kini partainya baru mengeluarkan rekomendasi dukungan terhadap figur sekitar 60 daerah dari total 171 daerah yang akan menggelar Pilkada tahun 2018.

"Untuk Kalbar sendiri, baru satu, yakni untuk Pilkada di Kabupaten Sanggau," kata Daniel Johan saat dihubungi di Pontianak, Kamis.

Di Kalbar, pilkada pada tahun 2018 akan berlangsung di tingkat provinsi, serta satu kota dan empat kabupaten. "Sejauh ini, PKB sudah survei internal, dan kami berharap kader-kader dari PKB dapat maju," ujar Daniel Johan.

Ia melanjutkan, peta politik di tingkat partai juga belum final. "Tapi kita berharap, sebelum 8 Januari, sudah ada selesai," kata Daniel Johan yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu.

Ia juga mengingatkan agar pelaksanaan pilkada dapat berlangsung aman dan damai. Menurut dia, partai politik sepatutnya mendorong supaya masyarakat semakin cerdas dalam berpolitik.

"Dalam pilkada, semangatnya adalah menghasilkan pemimpin yang bisa dekat dengan rakyat, punya hati untuk rakyat, pemimpin yang relatif bersih meski tentu saja pemimpin bukan figur yang betul-betul sempurna," tuturnya.

Justru, ujar dia, jangan sebaliknya pilkada malah melahirkan pemimpin yang membuat kehancuran bagi rakyatnya.

Untuk itu, ia menambahkan, komitmen melaksanakan pilkada secara damai harus disepakati dan dilaksanakan semua peserta pilkada. "Masyarakat jangan mau kalau disuruh ribut, karena pilkada," ujarnya, menegaskan.

Seluruh peserta pilkada pun nantinya harus berkumpul untuk mendeklarasikan dan mewujudkan pesta demokrasi yang damai serta melahirkan pemimpin terbaik bagi masyarakat.

"Itulah esensi dari pilkada," kata Daniel Johan.

(T.T011/C004)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017