Pontianak (Antara Kalbar) - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kalbar melakukan pemantaun harga di Pasar Flamboyan Pontianak dalam menyambut hari Natal 2017.

"Pagi ini Tim Satgas Pangan Kalbar yang terdiri atas beberapa pihak langsung mengecek harga 13 jenis komoditas pangan yang dijual di pasar untuk melihat langsung harga-harga menjelang Natal," ujar Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Abdul Manaf di Pontianak, Senin.

Manaf menjelaskan selain pemantauan harga juga dicek soal stok, distribusi dan keamanan pangan. Dari hasil pemantaun diketahui harga masih stabil dan tidak ada lonjakan harga yang berarti.

"Tahun ini bukan hanya menjelang Natal tapi hari raya Islam sebelumnya harga-harga stabil. Kecenderungan ini terjadi baru pada tahun ini setelah ada kendali pemerintah sehingga harga benar - benar tidak menjadi beban masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan untuk stok di pasarsaat ini juga masih aman. Bahkan informasi dari asosiasi stok tidak ada kendala.

"Stok aman maka harga juga aman. Dalam cek pasar ini kita lihat distribusinya juga lancar sehingga berdampak pada kedua hal tersebut," papar dia.

Lanjutnya, untuk keamanan pangan juga masih baik. Belum ditemukan panganan yang membahayakan.

"Dalam Natal tahun ini kita harapkan dan pastikan harga stabil dan kalau ada yang naik wajar seperti ikan karena faktor cuaca. Semua butuh peran serta dan koordinasi semua pihak," jelasnya.

Terpantau di Pasar Flamboyan Pontianak untuk harga daging sapi di kisaran Rp100 ribu - Rp125 ribu per kilogram, ayam potong Rp26 ribu, beras antara Rp9500 - Rp13 ribu per kilogram, gula pasir Rp12.500, bawang putih Rp15 ribu/kg, bawang merah Rp22/kg ribu dan beberapa sayur mayur saat ini stabil.


(U.KR-DDI/M007)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017