Singkawang  (Antaranews Kalbar) - Petugas Kebersihan Kota Singkawang atau yang lebih dikenal dengan "pasukan kuning" siap mengatasi sampah pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

"Kita sudah siap dengan mengerahkan seluruh personil petugas kebersihan Singkawang," kata Kepala UPT Kebersihan Singkawang, Rustam Effendi, Jumat.

Meskipun peningkatan sampah pada perayaan tersebut bakal bertambah, namun hal itu bukanlah merupakan tugas yang berat bagi pihaknya.

Baca juga: Program Bersih, Rapi dan Sehat Lingkungan Lantamal Pontianak

"Kalau hari biasa ada sekitar 210 kubik sampah, tapi kalau pada perayaan itu peningkatan bisa mencapai 240 kubik," ujarnya.

Pada perayaan itu juga, semua personil petugas kebersihan akan diturunkan untuk membersihkan sampah agar Singkawang tidak kelihatan kumuh.

Baca juga: Puluhan Pemuda Bersih - Bersih Lingkungan Pasar Tebas

"Mengingat pada perayaan ini banyak tamu-tamu yang akan berkunjung ke Singkawang, jadi malu kita kalau banyak sampah," ungkapnya.

Baca juga: Dinkes Sintang: Masyarakat Bersih Lingkungan Cegah DBD

Selain itu, dia juga meminta partisipasi dari masyarakat Singkawang untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

"Jangan membuang sampah di luar bak sampah, tapi buanglah ke dalam bak sampah," katanya.

Baca juga: Hairiah : Lingkungan Bersih Anak Sehat

Hal ini juga sering pihaknya temukan di setiap TPS-TPS yang ada di Kota Singkawang. "Masyarakat selalu membuang sampah di pinggir atau diluar TPS, bukan ke dalam TPS," katanya.

Kemudian, kepada warga yang tinggal di sekitar sungai, janganlah membuang sampah ke sungai. "Jangan jadikan sungai itu sebagai tong sampah bagi mereka yang tinggal di sekitar sungai," pesannya.

Baca juga: Wabup Sambas Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan


(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018