Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sejumlah peserta pilkada di Kalbar, baik kabupaten/kota maupun provinsi, adalah kepala daerah yang masih menjabat sehingga mereka harus cuti dan digantikan sementara.  Penjabat Gubernur Kalimantan Barat Dodi Riyadmadji mengatakan, dirinya akan melantik sejumlah Pelaksana tugas (Plt) kepala daerah pada Rabu besok.

"Siapa saja jangan tanya saya karena yang membuat SK-nya Kementerian Dalam Negeri," kata Dodi di Pontianak, Selasa.

Adapun beberapa Plt kepala daerah yang dilantik antara lain, Wali Kota Pontianak, Bupati Landak, Bupati Bengkayang, Bupati Mempawah dan Bupati Sanggau.

"Rencananya pelantikan ini akan dilakukan pada Rabu besok di kantor Gubernur Kalbar. Siapa-siapa orangnya, lihat saja besok," tuturnya.

Dia menjelaskan, penempatan Plt kepala daerah ini dilakukan sebagai pengganti bupati yang cuti untuk mengikuti masa kampanye. Cuti harus dilakukan ketika calon yang maju masih menjabat sebagai kepala daerah.

Meski tidak menyebut siapa orangnya, Dodi menyatakan pelaksana tugas itu pejabat dari lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Dia mengingatkan pasangan calon yang maju dan sudah mendapat ketetapan nomor urut untuk berpegang pada aturan yang sudah ada.

Menurut Dodi, latar belakang yang berbeda, baik itu partai maupun pendukungnya jangan mengorbankan semangat persatuan dan kesatuan.

"Artinya semangat persatuan dan kesatuan diutamakan. Silakan berkompetisi, sehingga siapa yang keluar nanti adalah yang terbaik," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018