Sintang (Antaranews Kalbar) - Bupati Sintang Jarot Winarno meresmikan ruang laboratorium komputer sebagai kelengkapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) untuk tingkat SMP di SMPN 1 Sintang, Selasa.
    Halaman SMPN 1 Sintang tampak ramai dan meriah. Sejumlah dekorasi menghiasi depan sekolah hari ini. Karpet merah pun digelar dari pintu masuk. Suasana di sekolah yang juga merupakan sekolah rujukan tersebut tambah meriah ketika orang nomor satu di Sintang beserta rombongannya tiba.
    Bupati Sintang menyampaikan dua hal besar, yaitu kepada para murid juga para guru dan orang tua. Kepada para murid, Jarot mengingatkan mereka akan menjadi generasi Indonesia emas di tahun 2045 jadi harus bisa mandiri dan terencana.
    "Kita itu harus genre, jadi generasi berencana," kata Jarot sambil mengangkat tangannya dengan mengatupkan telunjuk ke jempol mensimbolkan angka nol. Anak-anak juga mengangkat angan dan membuat simbol yang sama. "Kita harus bilang tidak pada pergaulan bebas, HIV dan narkoba," tegasnya.
    Jarot melanjutkan, tapi harus bilang "Yes" pada prestasi. "Setuju!," katanya dengan bersemangat dan disambut dengan sorak "Yes" yang juga meriah oleh para siswa.
     Jarot berpesan agar  para guru, agar berusaha sebaik mungkin menyesuaikan diri dengan perkembangan anak sekarang.
"Mereka ini generasi Z, milenial, soal teknologi saja jauh pandai dari kita," kata dr. Jarot. "Namun mereka ini perlu dan harus kita dengarkan kalau tidak mereka akan hilang," katanya lagi.
   "Mereka akan lari ke media sosial, ke dunia maya. susah kita kalau mereka sudah di situ karena di sana itu tanpa batas," tambahnya lagi
    Kepala sekolah SMPN 1 Sintang, Mursidi S.Pd, M.Si menyampaikan informasi prestasi yang diraih oleh sekolah yang dipimpinnya. pada tahun 2017, SMPN 1 masuk 20 besar dalam tata kelola sekolah terbaik tingkat nasional.
    "Prestasi itu kami raih dari 8.000 sekolah di Indonesia," kata Mursidi bangga. "Maka kami ingin tahun ini bisa menyelenggarakan ujian nasional berbasis computer secara mandiri dan komprehensif," ungkapnya .
    "Saat ini kami masuk dalam 3 (tiga) laboratorium komputer terbaik SMP se-Kalbar," ujar Mursidi. "Kami berupaya menjalankan amanah dari dinas pendidikan di tingkat nasional tidak hanya berjaya di Sintang. Dengan semangat tinggi kami siap mensukseskan program pemerintah," tegas Mursidi lagi.

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018