Pontianak (Antaranews Kalbar) - Komandan KRI Sembilang - 850 dan KRI Siribua - 859 berganti. Sertijab dipimpin Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe di Dermaga Markas Komando (Mako) Lantamal XIIPontianak Jalan Kom Yos Sudarso No. 1 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.
    Komandan KRI Sembilang - 850 diserahterimakan dari Mayor Laut (P) Heri Koerniawan, ST kepada Mayor Laut (P) Wida Adi Prasetya dan penyerahan jabatan Kri Siribua - 859 diserahkan dari Mayor Laut (P) Mochammad Rachmad Firdaus, S.E.  kepada Kapten Laut (P) Wahyudi Kristanto, S.T.
    Serah terima jabatan Komandan KRI merupakan wujud kepercayaan dan penghormatan dari pemimpin TNI AL yang diberikan kepada pejabat yang bersangkutan serta tuntutan wajar dari suatu organisasi yang dinamis, agar tercipta suasana dan semangat baru di lingkungan organisasi.
    Pembinaan personel merupakan bagian dalam menselaraskan antara "tour of duty" dan "tour of area" yang diharapkan mampu memberikan pengkayaan pengalaman bagi personel, sehingga dapat menghasilkan output organisasi yang sehat dan dinamis sesuai tujuan dan sasaran organisasi.
    Diharapkan dengan adanya serah terima jabatan ini semua tindak pindana di laut baik perikanan, illegal loging, illegal fishing dan penyelundupan narkoba dapat dieliminir atau ditindak, selain dapat melaksanakan tugas TNI AL adanya Kapal Perang di Jajaran Lantamal XII diharapkan dapat bersinergis dengan satuan samping baik kejaksaan, bea cukai, Polairud maupun pemerintah daerah, kata Kolonel Laut (P) Jales Jamca Jayamahe. 
    Selanjutnya, Dansatrol juga menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta upacara, diantaranya : Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai implementasi pelaksanaan Sumpah Prajurit dan Sapta Marga serta Tri Sila TNI-AL, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam mengemban tugas bangsa dan negara.
    Kedua, tingkatkan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi guna membangun kapasitas dalam mendukung segera terwujudnya kekuatan pokok minimum menuju TNI-AL kelas dunia. Ketiga, pelihara dan tingkatkan kualitas personil yang profesional dalam melaksanakan tugas melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga terjamin tetap tegaknya organisasi.
    Keempat, tingkatkan produktifitas dengan berpedoman pada perudangan yang berlaku dan menjabarkan tugas dengan lebih akurat dalam langkah dan tindakan yang aplikatif dan realitis serta dimengerti oleh segala jajaran. Kelima, tingkatkan terus soliditas dan solidaritas satuan, serta laksanakan kerjasama yang baik dengan semua pihak dengan mengedepankan pola kemitraan, sehingga tercipta suasana yang harmonis bagi nusa dan bangsa.


Pewarta: Dispen Lantamal XII Pontianak

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018