Putussibau (Antaranews Kalbar) - Ratusan anggota TNI dan Polri siap mengamankan perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kapuas Hulu. 

    Rinciannya, sebanyak 385 anggota TNI dan 100 anggota kepolisian.

    "Kami dari kepolisian menurunkan 100 personil, untuk pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di beberapa titik wilayah Kapuas Hulu," kata Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi ditemui usai apel kesiapan pengamanan Imlek di halaman Polres Kapuas Hulu, Kamis sore.

    Ia menjelaskan dalam pengamanan yang dimulai sejak 15 Februari - 3 Maret 2018 itu, Kapuas Hulu hanya melakukan kegiatan pengamanan imbangan sesuai perintah pimpinan.

   Ada pun titik pengamanan yaitu di Putussibau, Kecamatan Semitau, Jongkong dan Silat Hilir. Sedangkan sasaran pengamanan diantaranya di tempat ibadah, pusat keramaian dan di terminal serta bandara arus mudik selama Imlek dan Cap Go Meh.

    "Tentu dalam pengamanan itu, kami dibantu oleh pihak TNI dan Pemkab Kapuas Hulu dalam hal ini Sat Pol PP, Dinas Perhubungan serta seluruh tokoh masyarakat dan FKUB," jelas Imam.

    Dirinya berharap, pelakasanaan Imlek hingga Cap Go Meh di wilayah Kapuas Hulu tetap kondusif, masyarakat diminta untuk tetap meningkatkan kerunkunan dan keharmonisan antar umat beragama, mengingat perayaan Imlek kali ini bertepatan dengan tahun politik yaitu Pilkada serentak.

    Sementara itu, Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto mengatakan pihaknya menurunkan sebanyak 385 personil gabungan dari Kodim, Batalyon, intel korem dan kodam.

"Ratusan personil itu sekaligus untuk pengamanan Pilkada," jelas Ibnu.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk selalu menjaga kebersamaan, rasa kekeluargaan serta kerukunan antar umat beragama.

"Intinya kita harus saling toleransi satu dengan yang lainnya," pinta dia.

Pantauan Antara, usai apel kesiapan pengamanan Imlek, ratusan personil TNI, Polri, Sat Pol PP serta Dinas Perhubungan Kapuas Hulu melakukan patroli dengan konpoi bersama keliling Kota Putussibau, yang di pimpin oleh Kapolres Kapuas Hulu dan Dandim 1206 Putussibau.

Keduanya menggunakan sepeda motor, yang kemudian diikuti oleh seluruh personil termasuk tokoh masyarakat serta Forum Kerukunan Umat Beragama Kapuas Hulu.


Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018