Pontianak (Antaranews Kalbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar menggelar Rakornis program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk lebih memantapkan program kerja.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Kusmana di Pontianak, mengatakan program KKBPK di Kalbar selama ini telah didukung oleh para mitra, seperti dari TNI, Polri, IBI, PKK, BKOW, Muslimah, dan berbagai ormas dan organisasi keagamaan lainnya yang telah membantu pihaknya dalam meningkatkan kemajuan program-program KKBPK di Kalbar.

Ia menjelaskan, kerja sama yang sudah terjalin baik bersama para mitra BKKBN Kalbar itu, perlu tetap dipelihara dan terus ditingkatkan lagi.

"Hasil yang dirasakan terhadap dukungan para mitra terhadap program KKBPK itu sangatlah luar bisa, dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Kalbar akan pentingnya ber-KB," katanya.

Menurut dia, dengan digelarnya Rakornis yang melibatkan seluruh mitra itu, maka akan lebih memantapkan peningkatan hasil dari program KKBPK itu.?

"Ini sudah kita lakukan mulai dari tingkat kabupaten hingga provinsi. Satu persatu dengan bahu membahu melakukan sosialisasi tentang pentingnya program KB dalam rangka mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera," katanya.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar menggelar Rakornis program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (Foto Antaranews Kalbar/Slamet)

Terkait Rakornis yang dilaksanakan, Kusmana mengatakan tidak akan bisa berlangsung apa bila semua pihak tidak ada persamaan visi dan misi antara BKKBN Kalbar dan para mitra, untuk mensejahterakan masyarakat Kalbar.

"Saya yakin dan percaya semua yang terlibat untuk kemajuan program KKBPK, termasuk tujuan kita dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara serta memberi informasi kesehatan masyarakat Kalbar," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya sepanjang tahun 2017 telah melakukan berbagai program, salah satunya program Kampung KB, yang semua terealisasi di hampir semua daerah Kalbar.

"Kami juga mengucapkan terima kasih pada seluruh jajaran Polda Kalbar dan Kodam IIX Tanjungpura yang telah susah payah menjadi motivator program KKBPK di Kampung KB di mana tempat ia bertugas," katanya.

Menurut dia, di tahun ini BKKBN Kalbar akan melaksanakan program dari presiden RI tentang penanggulangan stunting, karena dari 1.000 desa yang menjadi sasaran stunting, 10 desa diantaranya ada di Kalbar.

"Untuk itu saya mengajak semua masyarakat untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan menuju masa emas Indonesia," katanya.

Baca juga: BKKBN: Pilkada agar mengutamakan program pembangunan keluarga
Baca juga: Pembentukan Kampung KB ditargetkan tuntas Juni

Pewarta: Andilala/Slamet

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018