Pontianak (Antaranews Kalbar) - Polsek Jawai Selatan, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat turut mendorong minat membaca masyarakat dan satu di antara langkah yang dilakukan yakni menjadikan kapal atau feri penyeberangan tempat membaca dengan menyediakan perpustakaan mini.

"Untuk waktu penyeberangan sekitar 30 menit, daripada bosan dan tidak ada aktivitas kita menghadirkan perpustakaan mini untuk bisa dimanfaatkan penumpang," ujar Kapolsek Jawai Selatan, Ipda M. Al Parisi saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat saat ini secara umum masih rendah dan itu perlu didorong semua pihak. Dengan hal itu melalui perpustakaan mini tersebut masyarakat dimudahkan bahan bacaan untuk mendapatkan informasi, ilmu dan wawasan melalui buku yang tersedia.
 
Baca juga:
Polda - Pemkot Pontianak Dirikan Taman Bacaan Di Kampung Beting
Kalbar Bentuk Relawan Cinta Perpustakaan
Pengunjung Perpustakaan Kapuas Hulu Ribuan OrangKunjungan Perpustakaan Pontianak Meningkat Signifikan
Kalbar Dapat Bantuan Taman Bacaan Masyarakat


"Kami persilakan masyarakat membacanya. Manfaatkan fasilitas yang ada untuk mencari informasi dan ilmu," kata dia.

Ia berharap dengan hadirnya perpustakaan mini yang ada di kapal penyeberangan Dermaga Sungai Batang menuju Dermaga Pemangkat tersebut, penumpang bisa memanfaatkannya dan mendorong minat membaca masyarakat.

Satu di antara penumpang, Tjian Fu Min mengatakan keberadaan buku mendatangkan manfaat yang positif bagi para penumpang.

"Dengan adanya buku bacaan di kapal penyeberangan ini tentu baik. Penumpang bisa membaca dan mengisi waktu kosong saat menyeberang," kata dia.



 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018