Sintang  (Antaranews Kalbar) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dikabarkan gagal karena gangguan sinyal telekomunikasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar di Sintang, Senin, menyampaikan informasi ini usai meninjau pelaksanaan UNBK.

Dikatakan Lindra, seharusnya SMAN 1 Senaning dapat melaksanakan UNBK, namun tiba-tiba pada Senin pagi hingga siang tidak ada sinyal telekomunikasi di daerah itu.

"Kami belum dapat informasi lagi, apakah sekolah itu bisa melaksanakan UNBK hari ini atau terpaksa mengikuti UNBK susulan," katanya.

Selain SMAN 1 Senaning, SMAN 1 Ambalau juga mengalami gangguan dalam pelaksanaan UNBK. "Sinyal di Ambalau tidak kuat, sehingga UNBK terganggu. Tapi kami belum tahu, apakah SMA 1 Ambalau masih bisa melanjutkan pelaksanaan UNBK atau tidak. Sampai sekarang kami belum dapat informasi lagi," katanya.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK di Kota Sintang berjalan lancar dan aman. Lindra mengaku, masih menunggu laporan resmi dari SMAN Senaning dan SMAN Ambalau, apakah mereka gagal sama sekali dalam melaksanakan UNBK di hari pertama.

Padahal, lanjut Lindra, saat ujicoba UNBK, pelaksanaan di SMAN Senaning dan Ambalau berjalan lancar. "Mungkin ini faktor alam, karena Sintang dalam kondisi mendung," katanya.


Baca juga: Banyak SMA di Sintang tak siap UNBK
 

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018