Pontianak (Antaranews Kalbar) - Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 2, Karolin Margret Natasa mengatakan Kubu Raya merupakan miniatur dari Kalimantan Barat, sehingga perlu perhatian khusus dalam program pembangunan ke depan, termasuk memaksimalkan bidang pertanian yang ada.

"Jika saya dipercayakan masyarakat untuk memimpin Kalimantan Barat, kita akan maksimalkan pembangunan yang ada di kabupaten ini. Banyak potensi yang bisa dimaksimalkan, termasuk bidang pertanian, tinggal bagaimana kita meramunya untuk menjadikan Kubu Raya lebih baik," kata Karolin saat melakukan dialog dengan masyarakat Sungai Raya, Kamis.

Menurutnya, Kubu Raya memiliki banyak potensi, khususnya sebagai penyangga pangan Kota Pontianak, dimana banyak potensi pertanian yang bisa digarap maksimal di kabupaten itu.

"Saat industri perkayuan di kabupaten ini tumbuh, banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari perusahaan kayu yang ada. Namun, saat ini, ketika industri perkayuan banyak yang mati, banyak masyarakat yang kehilangan mata pencariannya," tuturnya.

Untuk itu, kata Karolin, salah satu potensi yang bisa dikembangkan oleh masyarakat adalah memaksimalkan kembali potensi pertanian yang ada di kabupaten itu, untuk menekan tingginya angka pengangguran.

Dirinya berjanji, ke depan akan fokus dan komitmen menjalankan program pembangunan bidang pertanian dan tanaman pangan, untuk mewujudkan sebagai kabupaten penyangga ketahanan pangan Kalimantan Barat.

"Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjadikan Kubu Raya sebagai penyangga pangan bagi Kalimantan Barat adalah dengan memberikan perhatian dan bantuan bagi para kelompok tani di Kubu Raya lewat dinas dan instansi terkait," tuturnya.

Karolin menambahkan, komitmennya untuk membangun pertanian di Kubu Raya dari segala sektor sesuai dengan bidang mana yang bisa dikembangkan di Kubu Raya dan yang kelompok tani mampu untuk mengembangkannya.

Menurutnya Rasau Jaya dan Sungai Raya sangat potensial sebagai penyumbang dan penyangga tanaman pangan di Kalimantan Barat. Seperti yang sudah berjalan selama ini, jenis sayuran dan hortikultura yang ada di pasar-pasar tradisional di Kubu Raya dan kota Pontianak sebagian besar berasal dari Rasau Jaya.

"Untuk itu, kami akan berkomitmen untuk mengembangkan pertanian kita, karena memang pertanian di daerah ini sangat baik. Minimal kita menjaga pangan kita di Kubu Raya, baru kita ikut ambil bagian dalam mengamankan pangan nasional," kata Karolin.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018