Pontianak (Antaranews Kalbar) - "English Traveling Community (ETC)" bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Wirausaha Bina Usaha Muda Indonesia (BUMI) dan Pemerintah Desa Limbung Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan wirausaha bagi komunitas dan organisasi kepemudaan serta anggota PKK yang ada di Desa Limbung.

"Kami sangat bersyukur karena setelah sekian lama direncanakan, akhirnya pelatihan wirausaha ini bisa kita laksanakan," kata Pendiri ETC sekaligus mewakili pemerintah Desa Limbung, Jemy Haryanto di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan ETC saat ini sedang mengembangkan program kampung wisata untuk Desa Limbung dan memerlukan banyak persiapan.

Slah satunya adalah kemampuan masyarakatnya dalam memanfaatkan potensi yang ada menjadi usaha yang menjanjikan.

"Kita saat ini sudah membentuk kampung English dan akan mengembangkannya menjadi kampung wisata. Makanya, di dalam kampung wisata tersebut harus ada kelompok penggiat usaha yang ke depan diharapkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di dalamnya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pelatihan Wirausaha, Bina Usaha Muda Indonesia (Bumi), Rendra Oxtora mengatakan, kegiatan pelatihan itu merupakan bentuk komitmen dari ETC, Bumi dan pemerintah Limbung dalam menumbuhkan wirausaha baru.

"Kami dari Bumi jelas sangat mengapresiasi kerjasama ini karena kita juga berkomitmen untuk menumbuhkan wirausaha baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Rendra.

Dia menjelaskan, pelatihan tersebut akan dilaksanakan selama dua bulan dengan delapan kali pertemuan ada ada 13 materi kewirausahaan yang diterima peserta.

Adapun materi yang diberikan diantaranya, motivasi wirausaha, kiat memulai usaha dari modal kecil bahkan nol rupiah, analisis kelayakan usaha, sistem pemasaran, pengemasan, pembukuan, legalitas usaha dan informasi akses permodalan.

"Jadi target kita, setelah mengikuti pelatihan ini, semua peserta sudah memiliki produk usaha dan bisa mengembangkan usahanya. Itu tentu bisa di dapat oleh peserta jika mereka bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, maka para peserta bisa menjadi pengusaha baru yang akan kita arahkan untuk terus berkembang kedepannya," tuturnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Bumi, M Wahyu menjelaskan, untuk materi tersebut diberikan oleh beberapa pemateri yang juga pelaku usaha, sehingga para peserta bisa mendapatkan materi langsung dari orang yang benar-benar menekuni dunia usaha.

"Kita memang fokus untuk memberikan pelatihan kepada pemuda, karena kita ingin menumbuhkan kemampuan berwirausaha sejak dini kepada masyarakat. Kita harapkan, melalui pelatihan ini akan tumbuh pelaku usaha baru yang memiliki kesiapan untuk mengolah dan mengembangkan usaha mereka," kata Wahyu.

Ketua ETC, Muhammad Aditya Swandi mengatakan, kegiatan pelatihan itu diikuti sebanyak 32 peserta yang berasal dari sejumlah organisasi kepemudaan dan perwakilan PKK Desa Limbung.

"Kemungkinan minggu kedua pelatihan ini akan ada penambahan peserta, karena ada sekitar belasan peserta yang berhalangan hadir pada hari pertama ini karena terbentuk kegiatan Isra Mi`raj. Namun, kita bersyukur pada hari pertama ini antusias peserta cukup tinggi dan mereka berkomitmen untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018