Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Kalbar nomor urut 2, Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot, menyiapkan Kartu Jala untuk para nelayan di wilayah pesisir Kalbar.

Kartu Jala yang akan diberikan kepada Nelayan itu, bermanfaat dalam memaksimalkan bantuan pemerintah yang memang sudah disiapkan khusus untuk nelayan.

"Jika kami terpilih menjadi pemimpin Kalbar nanti, kartu jala ini akan kita berikan kepada nelayan. Untuk menjamin bantuan pemerintah, seperti alat tangkap untuk nelayan," kata calon Wakil Gubernur Kalbar, Suryadman Gidot saat menggelar kampanye di Kabupaten Sambas, Selasa.

Dia menjelaskan, kartu jala ini juga dapat dijadikan keluarga nelayan di Kalbar, saat kesulitan mendapat modal dan kesulitan lainnya.

Tidak hanya itu, perhatian pasangan Karolin-Gidot pada para Nelayan di Kalbar juga ditunjukkan dengan hadirnya pemerintah daerah, dalam meningkatkan taraf hidup para Nelayan.

"Selain kartu jala, kita juga akan berikan pembinaan kepada para nelayan di Kalbar. Hal itu berkaitan dengan pengelolaan hasil tangkapan nelayan, seperti pembuatan ikan asin," tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat nelayan bisa mengolah hasil tangkapannya untuk menunjang penghasilan mereka.

Mengingat potensi sumber daya alam sektor kelautan di Kalbar sangat luar biasa, Karolin-Gidot juga sudah menyiapkan solusi, agar ikan hasil tangkapan Nelayan bisa dijual ke pasar Internasional.

"Untuk Kabupaten Sambas inikan dekat dengan Malaysia, Brunei dan lainnya. Jadi hasil laut kita tidak hanya dipasarkan di daerah kita saja," kata Gidot.

Untuk merealisasikan kesejahteraan Nelayan di Kalbar, Karolin-Gidot menilai, penguatan organisasi Nelayan menjadi hal utama yang harus dilakukan. Sehingga para Nelayan itu bisa lebih kuat dengan adanya organisasi atau wadah, bagi mereka untuk bersama-sama memperjuangkan Nelayan Kalbar yang hebat.

"Ini harus mendapat dukungan dari pemerintah, dimana kita nanti akan buatkan kelompok nelayan. Jika kurang modal, kita akan siapkan bantuan modalnya kerjasama dengan Bank yang ada," katanya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018