Pontianak (Antaranews Kalbar) - Manajer Perencanaan PLN Wilayah Kalbar, Fathkul Hakim menyatakan PLN akan terus memberikan layanan maksimal saat bulan suci Ramadhan.

"Sebenarnya kapan pun kita terus memberikan layanan dengan terbaik kepada masyarakat. Khusus untuk Ramadan dan hari keagamaan lainnya tentu ada kesiapan khusus agar suplai listrik ke masyarakat terus maksimal," ujarnya di Pontianak.

Ia menjelaskan khusus untuk sistem kelistrikan Khatulistiwa yang saat ini melayani masyarakat dari Kota Pontianak, Sambas dan Bengkayang, serta dari Kota Pontianak hingga Kabupaten Landak dan Tayan berada dalam kondisi prima.

Baca juga: Perusahaan Listrik Negara Kalbar surplus 169 mw

"Dari sisi suplai daya untuk sistim khatulistiwa kita ada surplus sebesar 169 mega watt. Jadi tidak ada persoalan terkai ketersedian daya," papar dia.

Menurutnya untuk kehandalan listrik tentu bukan hanya soal daya semata namun faktor lainnya seperti jaringan. Selain itu dukungan masyarakat untuk bersama - sama menjaga listrik sangat penting.

"Saat ini permasalahan klasik untuk menuju kehandalan listrik kita yakni permainan layang - layang yang menggunakan tali kawat. Permainan tersebut mengganggu jaringan khususnya untuk tegangan tinggi," jelas di.

Sementara kata dia untuk tegangan menengah, pengaruh dari cuaca dan pohon tidak luput menjadi perhatian pihaknya sehingga selalu rutin dilakukan pemangkasan.

Baca juga: PLN Singkawang tekan pencurian listrik

"Untuk permainan layang - layang kita sering juga melakukan razia bersama aparat. Untuk pohon yang mengganggu jaringan kita pangkas," sebutnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk bersama menjaga kehandalan listrik di Kalbar agar pelayanan yang diberikan pihaknya bisa maksimal.

"Kendala dan tantangan yang ada bisa diatasi dan tentu dengan bersama - sama bukan hanya dari PLN namun semua pihak. Listrik ini miliki negara dan masyarakat," kata dia.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018